Brilio.net - Pendidikan Kewarganegaran (PKN) adalah salah salah materi pelajaran yang selalu ada di pendidikan dasar hingga kuliah. Setiap jenjang pendidikan punya materi yang berbeda tentang PKN. Makin tinggi jenjangnya, tentu saja materinya lebih luas dan kompleks.

Pendidikan Kewarganegaraan adalah suatu mata pelajaran yang merupakan satu rangkaian proses untuk mengarahkan peserta didik menjadi bertanggung jawab sehingga dapat berperan aktif dalam masyarakat sesuai ketentuan Pancasila dan UUD NKRI 1945 (Madiong, 2018).

Dengan mempelajarinya, kamu akan dapat mengetahui bagaimana berpolitik yang baik dan penerapan hukum yang baik dengan batasan-batasannya. Serta kamu dapat menjadi warga kenegaraan yang baik.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang contoh soal pilihan ganda PKN kelas 10 semester 2, berikut ulasannya dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (27/9).

Contoh soal pilihan ganda PKN kelas 10 semester 2 © 2022 brilio.net

foto : pixabay.com

Contoh soal pilihan ganda PKN kelas 10 semester 2 mudah dipelajari.

1.) Tugas negara juga melindungi wilayah ZEE yang merupakan batas wilayah laut suatu negara dari garis pantai yang luasnya …

A. 200 mil
B. 240 mil
C. 250 mil
D. 260 mil
E. 300 mil

Jawaban: A

Pembahasan:
Zona Ekonomi Eksklusif adalah jalur laut selebar 200 mil laut ke arah laut terbuka diukur dari garis dasar. Di dalam zona ekonomi eksklusif ini, Indonesia mendapat kesempatan pertama dalam memanfaatkan sumber daya laut

2.) Isi dari Pasal 25A UUD NRI tahun 1945 tentang wilayah NKRI yang paling tepat adalah ...

A. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah sebuah Negara kepulauan yang berciri Nusantara dimana batas-batas wilayah lautan merupakan batas ambang dan bayang Indonesia berdasarkan Landas Kontinen, Landas Laut Teritorial, dan ZEE
B. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah sebuah Negara kepulauan yang berciri Nusantara dengan wilayah yang batas-batas dan hak-haknya ditetapkan dengan undang undang.
C. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah sebuah Negara kepulauan yang berciri Nusantara yang berarti pulau diatas wilayah perairan dengan landas kontinen Asia dan Australia
D. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah sebuah Negara kepulauan yang berciri Nusantara dimana batas wilayahnya ditetapkan berdasarkan luas wilayah nusantara ketika zaman Majapahit dan Sriwijaya
E. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah sebuah Negara kepulauan yang berciri Nusantara dengan keanekaragaman budaya dan etnis

Jawaban: B

Pembahasan:
Pasal 25 A UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang menyatakan bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah sebuah negara kepulauan yang berciri nusantara dengan wilayah yang batas-batas dan hak-haknya ditetapkan oleh undang-undang.

3.) Ketentuan tentang kewarganegaraan diatur dalam UUD NRI 1945 pasal ...

A. 26
B. 27
C. 28
D. 29
E. 30

Jawaban: A

Pembahasan:
Keberadaan rakyat yang menjadi penduduk maupun warga negara, secara
konstitusional tercantum dalam pasal 26 Undang-Undang Dasar Negara Republik
Indonesia Tahun 1945, yaitu:
a) Yang menjadi warga negara ialah orang-orang bangsa Indonesia asli dan orang-orang bangsa lain yang disahkan dengan undang-undang sebagai warga negara.
b) Penduduk ialah warga negara Indonesia dan orang asing yang bertempat tinggal
di Indonesia
c) Hal-hal mengenai warga negara dan penduduk diatur dengan undang-undang

4.) Wajib militer bagi warga negara adalah sangat wajar untuk mempertahankan keutuhan wilayah negara, hal ini amanat konstitusi pasal ...
A. 30 ayat 1
B. 30 ayat 2
C. 30 ayat 3
D. 30 ayat 4
E. 30 ayat 5

Jawaban: A

Pembahasan:
Wajib militer bagi warga negara adalah sangat wajar untuk mempertahankan keutuhan wilayah negara, hal ini amanat konstitusi pasal 30 ayat (1) UUD NRI tahun 1945 yang menyatakan “tiap=tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara”, artinya upaya wajib militer merupakan salah satu yang menjadi upaya untuk melaksanakan bela negara.

5.) Dalam sistem pertahanan keamana rakyat semesta, rakyat berfungsi sebagai kekuatan ....
A. Utama sistem keamanan
B. Utama sistem pertahanan
C. Mayoritas sistem pertahanan
D. Pendukung pertahanan keamanan
E. Utama sistem pertahanan dan keamanan

Jawaban: B

Pembahasan:
Makna yang terkandung dalam Sishankamrata: “rakyat adalah yang utama dan dalam kesemestaan,” baik dalam semangat maupun dalam mendayagunakan segenap kekuatan dan sumber daya nasional, untuk kepentingan pertahanan dalam membela eksistensi NKRI. Keikutsertaan rakyat dalam Sishanneg pada dasarnya merupakan perwujudan dari hak dan kewajiban setiap warga Negara untuk ikut serta dalam usaha-usaha pertahanan negara. Keikutsertaan warga negara dalam pertahanan negara adalah wujud kehormatan warga negara untuk merefleksikan haknya.

6.) Pada dasarnya Integrasi nasional mengandung arti penyatuan berbagai kelompok budaya dan sosial dalam kesatuan wilayah nasional yang membentuk suatu identitas nasional. Hal tersebut merupakan konsep integrasi nasional secara …
A. Politis
B. Yuridis
C. Sosiologis
D. Antropologis
E. Legal formal

Jawaban: A

Pembahasan:
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, integrasi nasional mempunyai arti politis dan antropologis.
1. Secara Politis
Integrasi nasional secara politis berarti penyatuan berbagai kelompok budaya dan sosial dalam kesatuan wilayah nasional yang membentuk suatu identitas nasional.
2. Secara Antropologis
Integrasi nasional secara antropologis berarti proses penyesuaian di antara unsur-unsur kebudayaan yang berbeda sehingga mencapai suatu keserasian fungsi dalam kehidupan masyarakat.

7.) Integrasi menunjuk pada proses penyatuan berbagai kelompok budaya dan sosial ke dalam satu kesatuan wilayah, dalam rangka pembentukan suatu identitas nasional. Integrasi biasanya mengandalkan adanya satu masyarakat yang secara etnis majemuk dan setiap kelompok masyarakat memiliki bahasa dan sifat-sifat kebudayaan yang berbeda.

Pernyataan tersebut dikemukakan oleh ...
A. John Locke
B. Myron Weiner
C. Howard Wriggins
D. Nazaruddin Sjamsuddin
E. J. Soedjati Djiwandono

Jawaban: B

Pembahasan:
Myron Weiner menyatakan Integrasi menunjuk pada proses penyatuan berbagai kelompok budaya dan sosial ke dalam satu kesatuan wilayah, dalam rangka pembentukan suatu identitas nasional. Integrasi biasanya mengandalkan adanya satu masyarakat yang secara etnis majemuk dan setiap kelompok masyarakat memiliki bahasa dan sifat-sifat kebudayaan yang berbeda.

Magang: Annisa Dheaning Triprasiwi