Brilio.net - Dalam mempelajari suatu bahasa tentu kamu harus mempelajari kosakata hingga berbagai bentuk struktur kalimat. Termasuk dalam memahami istilah kopula. Penggunaan kata kopula memang jarang terdengar, namun kata kopula memiliki peran penting dalam penyusunan suatu kalimat. Terutama dalam kalimat bahasa Inggris. Pasalnya kopula berperan sebagai kata kerja penghubung yang menjelaskan suatu subjek dengan keterangan dalam suatu kalimat tersebut.

Untuk memahami lebih jauh terkait kata kopula ini mulai dari pengertian, jenis-jenisnya dan contohnya dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (23/3).

Pengertian kata kopula

Contoh kata kopula lengkap dengan pengertian © 2023 brilio.net

Contoh kata kopula lengkap dengan pengertian
pexels.com

Kopula adalah kata kerja yang berfungsi sebagai penghubung antara subjek dan kata sifat, atau kata benda pada kalimat nominal. Dalam bahasa Indonesia, istilah "kopula" tidak digunakan secara luas, tetapi seringkali disebut sebagai kata kerja "ada" atau "adalah" "merupakan".

Kopula adalah bagian dari struktur kalimat yang penting karena membantu menghubungkan subjek dengan informasi tambahan mengenai subjek tersebut. Kata kopula adalah kata kerja yang digunakan untuk menghubungkan subjek dengan predikat, atau menjelaskan status atau sifat subjek. Istilah "kopula" berasal dari bahasa Latin, yaitu "copulare", yang berarti "menghubungkan".

Kata kopula digunakan dalam kalimat-kalimat deklaratif (pernyataan) dan juga dalam kalimat-kalimat tanya. Dalam kalimat deklaratif, kata kopula biasanya ditempatkan antara subjek dan predikat, sedangkan dalam kalimat tanya, kata kopula biasanya ditempatkan di awal kalimat.

Secara sederhana, kopula merupakan jenis kata kerja yang digunakan untuk menghubungkan subjek dengan predikat atau menjelaskan status atau sifat subjek. Kopula juga dikenal sebagai kata penghubung, kata seru, atau linking verb dalam bahasa Inggris. Fungsi utama kata kopula adalah untuk menggambarkan atau memberikan informasi tentang subjek.