Brilio.net - Kata evaluatif merupakan kumpulan kata-kata yang mengandung makna menilai atau mengevaluasi sesuatu hal yang disusun dalam suatu bentuk kalimat. Umumnya kata evaluatif digunakan untuk mengevaluasi atau menilai suatu peristiwa, keadaan, atau objek. Selain itu, kata evaluatif ini digunakan untuk menyatakan perasaan, pendapat, atau sikap seseorang terhadap suatu hal. Biasanya, kata evaluatif digunakan untuk mengungkapkan apresiasi, kritik, atau penilaian terhadap suatu hal.

Contoh kata evaluatif adalah kata-kata seperti bagus, buruk, indah, jelek, menyenangkan, menyedihkan, dan sebagainya. Kata-kata ini digunakan untuk mengekspresikan perasaan seseorang terhadap suatu hal.

Untuk memahami pengertian kata evaluatif lebih jauh simak artikel ini hingga selesai. Berikut pengertian, ciri, dan jenis-jenis kata evaluatif, yang dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Senin (27/3).

Pengertian kata evaluatif.

Contoh kata evaluatif lengkap dengan pengertian © 2023 brilio.net

Contoh kata evaluatif lengkap dengan pengertian
pexels.com

Merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata evaluatif adalah kata yang menunjukkan evaluasi atau penilaian seseorang terhadap suatu hal atau objek, baik itu positif atau negatif. Kata evaluatif dapat digunakan untuk mengungkapkan pendapat atau opini seseorang terhadap suatu hal atau keadaan

Kata evaluatif juga dapat berfungsi sebagai modifikasi kata benda atau kata sifat, contohnya kata-kata seperti sangat bagus, sangat buruk, sangat indah, sangat jelek, sangat menyenangkan, sangat menyedihkan, dan sebagainya. Kata-kata ini memberikan intensitas atau tingkat yang lebih tinggi pada penilaian atau evaluasi suatu hal.

Penggunaan kata evaluatif dapat memberikan informasi yang lebih mendalam mengenai perasaan, pendapat, atau sikap seseorang terhadap suatu hal, sehingga dapat membantu dalam memahami perspektif individu tersebut. Namun, penggunaan kata evaluatif yang berlebihan atau tidak tepat dapat mempengaruhi persepsi orang lain terhadap suatu hal. Oleh karena itu, penggunaan kata evaluatif harus dikelola dengan bijak dan tepat.

Menurut ahli linguistik, kata evaluatif adalah jenis kata yang mengungkapkan evaluasi, penilaian, atau perasaan terhadap suatu hal atau objek. Beberapa ahli memberikan definisi atau pengertian kata evaluatif yang berbeda, namun intinya tetap sama yaitu kata evaluatif berfungsi untuk mengekspresikan evaluasi atau penilaian terhadap suatu hal atau objek.

Contohnya, menurut Janis Dehnhardt, kata evaluatif adalah kata-kata yang digunakan untuk menyatakan penilaian terhadap suatu hal dan dapat memberikan sifat-sifat positif atau negatif pada suatu objek atau peristiwa. Sedangkan menurut V. A. Friedman, kata evaluatif adalah kata-kata yang mengandung konotasi atau makna yang mengekspresikan penilaian subjektif seseorang terhadap suatu hal.

Dalam studi linguistik, kata evaluatif sering kali dikaitkan dengan konsep emosi dan perasaan, karena penggunaannya dapat mengungkapkan perasaan atau sikap seseorang terhadap suatu hal. Oleh karena itu, kata evaluatif dapat memberikan informasi yang lebih mendalam tentang perspektif individu terhadap suatu hal atau objek.