Brilio.net - Mengetahui sebuah maksud atau penjelasan dalam sebuah teks termasuk dalam materi bahasa Indonesia. Hal tersebut perlu dipelajari serta diperhatikan agar penulis dapat menyampaikan tulisannya dengan jelas dan pembaca dapat mengetahui makna yang disampaikan penulis. Biasanya agar si pembaca bisa mudah memahami, para penulis menggunakan kalimat penegasan ulang saat membuat sebuah teks atau tulisan.

Penasaran tentang apa itu kalimat penegasan ulang? Berikut adalah pengertian, ciri-ciri, fungsi, serta contoh kalimat penegasan ulang yang brilio.net rangkum dari beberapa sumber pada Rabu (16/11).

Contoh kalimat penegasan ulang dalam bahasa Indonesia berbagai sumber

foto: pexels.com

Pengertian penegasan ulang.

Penegasan ulang dapat disebut juga dengan kesimpulan atau ringkasan dalam sebuah teks yang dibuat oleh penulis. Secara umum penegasan ulang dapat diartikan sebagai sebuah pernyataan yang diambil secara ringkas dari keseluruhan pembahasan atau suatu analisis atau secara singkat penegasan ulang adalah hasil dari suatu pembahasan. Penegasan ulang biasanya terdapat pada bagian akhir teks dan merupakan bagian penting dari sebuah teks.

Penegasan ulang biasanya sering disamakan dengan tesis. Padahal penegasan ulang dan tesis jelas berbeda dari segi penulisan dan maknanya. Penegasan ulang adalah pendapat atau penjelasan dari penulis yang sudah disertai bukti atau fakta yang sudah jelas, sedangkan tesis adalah sebuah pendapat atau opini yang belum disertai fakta dan bukti yang jelas di dalamnya.

Fungsi penegasan ulang dalam beberapa teks.

Kalimat penegasan ulang mempunyai beberapa fungsi yang berbeda-beda dalam sebuah teks. Berikut adalah fungsi penegasan ulang dalam sebuah teks.

1. Penegasan ulang dalam teks eksposisi.

Penegasan ulang adalah bagian terakhir dari struktur teks eskposisi. Bagian ini mengandung pernyataan simpulan yang berfungsi untuk menegaskan kembali tesis pada awal teks.

2. Penegasan ulang dalam teks prosedur.

Penegasan ulang merupakan bagian dari teks prosedur yang berisi tentang simpulan dari suatu prosedur yang telah dilakukan. Bagian ini juga dapat berisi harapan ataupun manfaat yang didapat jika langkah-langkah pada teks prosedur dilaksanakan dengan baik.

3. Penegasan ulang dalam teks editorial.

Penegasan ulang berfungsi untuk penguatan kembali atas pendapat yang telah ditunjang oleh fakta-fakta dalam bagian argumentasi. Tesis atau pernyataan pendapat merupakan bagian teks yang mengenalkan isu beserta pendapat penulis terhadap isu atau masalah. Sementara itu, argumentasi merupakan pernyataan penulis teks editorial untuk memperkuat pendapatnya.

4. Penegasan ulang dalam teks tanggapan.

Penegasan ulang adalah bagian akhir teks yang berisi penegasan ulang terhadap apa yang sudah diputuskan atau dilakukan.

Contoh kalimat penegasan ulang dalam bahasa Indonesia berbagai sumber

foto: pexels.com

 

Magang: Agung Pradana Putra