Brilio.net - Kalimat identifikasi bahasa Indonesia sering sekali ditemukan dalam berbagai teks, seperti teks berita, teks deskripsi, dan lain sebagainya. Kalimat indentifikasi memang sangat berguna sekali dalam kehidupan sehari-hari, khususnya bagi seorang penulis maupun peneliti. Fungsi serta tujuan identifikasi salah satunya adalah untuk mengetahui sebab-akibat dari suatu masalah atau apapun itu kenapa bisa terjadi.

Setelah mengetahui sedikit tentang apa itu identifikasi, alangkah baiknya untuk mempelajarinya secara keseluruhan, agar dapat memahaminya dengan jelas. Berikut ini adalah penjelasan tentang identifikasi beserta contoh kalimatnya yang brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Selasa (30/11).

15 Contoh kalimat identifikasi beserta pengertian dan bentuknya  berbagai sumber

foto: pexels.com

Pengertian identifikasi.

Identifikasi secara umum dapat diartikan sebagai suatu tindakan atau proses meneliti, mencari, menemukan, mencatat informasi dan data mengenai sesuatu, fakta, atau seseorang. Sedangkan dalam psikologi, identifikasi merupakan suatu proses psikologi yang terjadi pada diri seseorang karena secara tidak sadar dia membayangkan dirinya seperti orang lain yang dikagumi. Kemudian, dia meniru tingkah laku dari orang yang dia kagumi itu.

Selain itu identifikasi juga memiliki beberapa definisi yang dikemukakan oleh para ahli. Berikut ini adalah penjelasan tentang identifikasi menurut para ahli.

1. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Identifikasi adalah tanda kenal diri atau bukti diri. KBBI juga memberi definisi bahwa identifikasi adalah penentu atau penetapan identitas seseorang, benda, dan sebagainya.

2. Arief Budiman.

Identifikasi merupakan sebuah proses di mana seseorang menyamakan dirinya dengan sifat-sifat objek luar.

3. Poerwadarminto.

Identifikasi merupakan bentuk penentuan yang dihasilkan dari penetapan identitas seseorang atau benda dalam penanganan masalah sosial tertentu.

4. Kartini Kartono.

Identifikasi merupakan proses sosial dan interaksi sosial yang membuat serangkaian pengenalan terhadap menempatkan obyek dalam suatu kelas sesuai dengan karakteristik tertentu.

5. Chaplin.

Identifikasi merupakan proses pengenalan, menempatkan objek atau individu dalam sebuah kelas sesuai dengan karakteristik tertentu.

6. Sudarsono.

Identifikasi memiliki tiga arti, yakni bukti diri, proses kejiwaan yang terjadi terhadap seseorang karena orang tersebut secara tidak sadar membayangkan dirinya seperti orang lain yang dikaguminya, dan penentuan seseorang berdasarkan bukti-bukti sebagai petunjuknya.

 

Magang: Agung Pradana Putra