Brilio.net - Dalam bahasa Inggris materi tentang klausa memang tidak ada habis-habisnya. Salah satunya adalah complex sentence. Complex Sentence merupakan kalimat yang menggabungkan minimal satu independent clause (induk kalimat) dan satu atau lebih dependent clause (anak kalimat) untuk membentuk suatu makna.

Contoh kalimat complex sentence bahasa Inggris beserta artinya © 2022 brilio.net

foto: pexels.com

Pengertian complex sentence

Dalam bahasa Indonesia sendiri, complex sentence dapat juga diartikan sebagai kalimat majemuk bertingkat. Namun dalam bahasa Inggris, complex sentence merupakan kalimat kompleks dalam bahasa Inggris yang di dalamnya terdapat satu klausa induk atau klausa bebas, dan setidaknya terdapat satu buah klausa terikat atau klausa subordinatif.

Di dalam complex sentence juga dibutuhkan konjungsi atau relative pronouns yang berfungsi untuk menghubungkan klausa-klausa ini, sehingga membuatnya menjadi kalimat kompleks. Complex Sentence lebih efektif digunakan untuk menunjukkan keterkaitan suatu hal dengan hal-hal lainnya, hanya dalam satu kalimat. Jenis kalimat ini mudah digunakan untuk menambahkan informasi dan detail dalam menulis.

Tentunya menulis artikel menjadi lebih menarik daripada hanya memakai kalimat sederhana (simple sentence). Pembentuk complex sentence terdiri dari satu independent clause atau kalimat tunggal dan satu atau lebih dependent clause. Agar complex sentence lebih mudah dipahami, alangkah baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu klausa-klausa pembangunnya.

Berikut adalah penjelasan singkat tentang independent clause dan dependent clause:

a. Independent clause

Independent clause merupakan sekelompok kata yang mengandung subject, verb, dan komponen lain hingga membentuk suatu pikiran yang utuh. Dapat dikatakan bahwa klausa independen bisa berdiri sendiri atau bisa juga dikatakan sebagai inti dari kalimat.

b. Dependent clause

Dependent clause (klausa terikat) disebut juga fragment atau kalimat yang tidak lengkap dan tidak dapat berdiri sendiri. Dependent clause biasanya didahului dengan subordinating conjunction yang juga berfungsi menggabungkan independent clause dan dependent clause dalam complex sentence.

Dependent clause juga mengandung subject dan verb namun belum mengungkapkan suatu pikiran yang utuh. Sederhananya, klausa ini bergantung pada independent clause.

Fungsi complex sentence

Complex sentence mempunyai beberapa fungsi yang signifikan dan sekaligus menjadi pembeda dari tense lainnya. Secara umum, berikut ini merupakan beberapa fungsi penggunaan complex sentence:
a. Complex sentence berguna untuk menggabungkan ide yang mirip
b. Complex sentence berguna untuk membandingkan ide yang berbeda
c. Complex sentence berguna untuk menggambarkan hubungan sebab akibat pada
serangkaian kejadian
d. Complex sentence berguna untuk menjelaskan suatu ide dan memberikan detail lanjutan
tentang ide tersebut.

Contoh kalimat complex sentence bahasa Inggris beserta artinya © 2022 brilio.net

foto: pexels.com

 

Penulis: Magang/Agung Pradana Putra