Brilio.net - Hampir setiap hari manusia melakukan komunikasi baik secara verbal maupun non verbal. Cara berkomunikasi bisa dengan bermacam-macam bentuk, seperti gerakan tubuh, kontak mata, postur tubuh, ekspresi wajah, volume suara, gerakan tangan dan nada suara akan melengkapi setiap kata yang terucap.

Memahami bahasa tubuh dapat meningkatkan komunikasi. Bahasa tubuh bukan hanya sangat kuat, tapi juga bisa diandalkan untuk mengungkapkan perasaan yang sebenarnya. Namun hati-hati dengan bahasa tubuh yang kamu gunakan, kadang bisa salah penafsiran. Tanpa disadari semua anggota tubuh mulai dari wajah, tangan, kaki, tubuh, mata yang memiliki maknanya masing-masing.

Berikut brilio.net rangkumkan dari berbagai sumber mengenai bahasa tubuh pada Kamis (13/10).

Contoh bahasa tubuh dan artinya.

1. Senyuman.

Senyuman kadang memiliki arti tersendiri tergantung ekspresi wajah. Ada senyuman senang, senyuman sinis, senyuman malu-malu dan senyuman hangat. Senyum yang tulus adalah senyum yang melibatkan mulu, telinga, tulang pipi, dan ada kerutan di sekitar mata.

Menurut Kraut & Johnston, senyum merupakan komponen gerakan wajah yang berhubungan dengan dan disebabkan oleh perasaan bahagia atau senang. Sesuatu yang membuat seseorang merasa senang dan bahagia akan menghasilkan senyuman, kecuali orang tersebut ingin menutupi atau menghambat timbulnya senyum.

2. Kontak mata.

Cara melihat seseorang terhadap lawan bicaranya terutama ketika sedang melakukan komunikasi verbal. Namun, kadang kontak mata yang dilakukan tanpa adanya komunikasi verbal juga dapat memberikan pesan kepada orang lain. Kontak mata juga dapat mendukung komunikasi verbal yang sedang dilakukan. Misalnya cemas, takut, antusias, pandangan sayu itu dapat dilihat dari kontak mata.

3. Mengetuk-ngetuk jari.

Menurut Purnawan E. Andoko dari Wellness World mengungkapkan bahwa mengetuk-ngetukkan jari pertanda kalau seseorang tersebut sedang bosan atau ingin bicara.

Dalam artian lain komunikasi dengan lawan apabila salah satu dari kamu ada yang mengetuk-ngetukkan jari artinya dia tidak sabar atau dapat juga sedang gugup.

 

Magang: Feni Listiyani