Brilio.net - Pileg 2019 diikuti oleh berbagai kalangan. Beberapa tokoh populer dan selebritis maju menjadi caleg. Tak ketinggalan, anak elite partai juga ikut mencalonkan diri. Bahkan ada salah satu elite partai yang semua anaknya diprediksi lolos ke DPR.

Ketua DPW Partai Amanat Nasional (PAN) Daerah Istimewa Yogyakarta Nazaruddin menyebutkan berdasarkan data rekapitulasi internal partainya, tiga anak politikus senior Amien Rais bakal menjadi anggota DPR RI dan DPRD Provinsi DIY.

"Dari yang sulung (anak Amien Rais) sampai bungsu semuanya lolos," kata Nazaruddin seperti dikutip dari Antara, Kamis (9/5).

Ketiga anak Amien Rais itu, yakni Hanafi Rais yang mencalonkan diri sebagai anggota DPR RI dari dapil DIY. Hanafi merupakan satu-satunya dari delapan caleg PAN DIY yang berpeluang besar lolos melenggang ke Senayan.

"Pak Hanafi satu-satunya yang lolos ke DPR RI dari Dapil DIY. Berdasarkan data by name by adress dari partai Pak Hanafi memperoleh 167.000 suara," kata Nazaruddin.

Selanjutnya, kara Nazar, Hanum Salsabiela Rais (anak kedua Amien Rais) yang maju sebagai calon anggota DPRD Provinsi DIY dari Dapil Sleman Timur, disusul si bungsu atau anak kelima Amien Rais, Ahmad Baihaqy Rais, yang juga maju sebagai caleg untuk DPRD Provinsi DIY dari Dapil Kulon Progo.

Menurut Nazar, selain ketiga putra Amien Rais, caleg PAN yang lolos di DPRD Provinsi DIY, yakni Siti Nurjanah dari Dapil Kota Yogyakarta, Suharwanto (Dapil Bantul Timur), Atmaji (Dapil Bantul Barat), Sadar Narimo (Dapil Sleman Selatan), dan Arif Setiadi (Dapil Gunung Kidul).

Perolehan kursi itu, menurut Nazar, masih jauh dari harapan DPD PAN DIY. Perolehan suara PAN di DIY pada Pemilu 2019 juga mengalami penurunan dratis dibandingkan Pemilu 2014.

"Perolehannya menurun, pada Pemilu 2014 memperoleh 352.000 suara, sekarang jumlah suaranya di bawah 300.000," kata Nazaruddin.