Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
BRILIO >> Politik
Ismarlina Mokodompit (brl/lin)

11 April 2019 17:58

Surat suara tercoblos, KPU siap koreksi pelaksanaan pemilu di Malaysia

Langkah ini terkait ditemukannya sejumlah kantong berisi surat suara yang diduga sudah dicoblos..

Surat suara tercoblos, KPU siap koreksi pelaksanaan pemilu di Malaysia

View Image



Brilio.net - KPU RI siap melakukan koreksi pelaksanaan pemilu di Malaysia jika terbukti ada surat suara tercoblos, setelah terlebih dahulu mengklarifikasi informasi tersebut kepada Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) di Kuala Lumpur.

"Apabila hal yang disampaikan memang terjadi pelaksanaan pemungutan suara di tempat itu tidak sesuai aturan, tentunya kami akan lakukan koreksi," kata Komisioner KPU RI Viryan di Jakarta, Kamis.

Viryan menjelaskan KPU RI akan membahas dugaan surat suara tercoblos di Selangor, Malaysia, dalam rapat yang mendadak di kantor KPU di Menteng, Jakarta Pusat.

Dalam rapat tersebut, KPU akan meminta klarifikasi dari PPLN di Kuala Lumpur, Malaysia, terkait surat suara tercoblos.

"Klarifikasi ini penting. Prinsip kehati-hatian yang kami anut dan hasil klarifikasi itu akan menjadi bahan utama untuk menentukan kebijakan yang akan kami ambil," imbuhnya.

Loading...

Adapun klarifikasi tersebut, lanjut dia, terkait benar tidaknya informasi itu, kemudian duduk permasalahan yang akan digali apabila memang benar terjadi pencoblosan surat suara.

"Ketiga, bukti yang ada juga penting terklarifikasi," ucapnya.

Senada dengan Viryan, Komisioner KPU lainnya, Ilham Saputra mengatakan penyelenggara pemilu sedang melakukan konfirmasi dari Kelompok Kerja PPLN.

KPU, kata dia, juga belum menerima informasi lanjutan dari Bawaslu RI menyusul beredarnya video yang berisi tayangan surat suara tercoblos.

"Kami belum menerima surat (Bawaslu). Kami masih menunggu, apakah yang terjadi itu seperti apa?. Kami sedang konfirmasi di mana tempatnya, apa yang terjadi, itu lokasi apa sebenarnya, kami sedang cek dulu," katanya.

Surat suara tercoblos, KPU siap koreksi pelaksanaan pemilu di Malaysia © 2019 brilio.net

Sebelumnya, beredar luas video berdurasi singkat yang menampilkan masyarakat setempat menggerebek sebuah ruko kosong Bandar Baru Bangi, Selangor, Malaysia.

Di dalam ruko itu ditemukan sejumlah kantong berisi surat suara yang diduga sudah dicoblos untuk pemilihan presiden pasangan tertentu.

Tidak hanya itu ditemukan juga surat suara yang tercoblos untuk beberapa nama calon anggota legislatif dari partai politik tertentu.

RECOMMENDED BY EDITOR

Pilih Reaksi Kamu



Tags

KPU Pilpres 2019 Pemilihan Umum (Pemilu) Komisi Pemilihan Umum
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE