Brilio.net - Jokowi-Ma'ruf Amin resmi dilantik pada hari ini, Minggu (20/10). Pelantikan dilaksanakan di Gedung MPR-DPR-DPD RI dengan dihadiri oleh sejumlah tamu spesial. Mulai dari tokoh nasional hingga kepala negara sahabat terlihat hadir dalam pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin. Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri, Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono hingga Prabowo Subianto terlihat hadir dalam pelantikan ini.

Sementara itu kepala negara sahabat yakni Sultan Brunei Darussalam Sultan Hassanal Bolkiah, PM Malaysia Mahathir Mohamad, PM Singapura Lee Hsien Loong hingga PM Australia Scott Morrison juga turut menghadiri pelantikan Jokowi-Ma'ruf.

Acara pelantikan dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya serta Mengheningkan Cipta. Ketua MPR Bambang Soesatyo memimpin pelantikan dan menyampaikan sambutannya. Dalam sambutan ini, Bambang Soesatyo atau yang akrab disapa Bamsoet sempat mencuri perhatian dengan pantun yang ditujukannya untuk Prabowo Subianto.

penutup pidato jokowi berbahasa bugis © 2019 youtube.com

foto: youtube.com/DPR RI

Loading...

Sementara itu, Jokowi dan Ma'ruf Amin mengambil sumpah jabatan periode sebagai Presiden dan Wapres 2019-2024. Usai dilantik, Jokowi pun menyampaikan pidatonya. Dalam pidato tersebut, Jokowi menyampaikan impian besar bangsa di masa depan.

Tak hanya itu, Jokowi juga menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Wapres Jusuf Kalla yang telah bahu membahu menjalankan pemerintahan selama 5 tahun terakhir.

"Para hadirin dan seluruh rakyat Indonesia yang saya muliakan, pada kesempatan yang bersejarah ini, perkenankan saya, atas nama pribadi, atas nama Wakil Presiden K.H. Ma’ruf Amin, dan atas nama seluruh rakyat Indonesia, menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Bapak Muhammad Jusuf Kalla yang telah bahu-membahu menjalankan pemerintahan selama 5 tahun terakhir," ungkap Jokowi dalam pidatonya.

Jokowi juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh lembaga negara dan aparat pemerintah, TNI serta Polri dan komponen bangsa yang sudah mengawal pemerintahan selama lima tahun ini.

Menutup pidatonya, Jokowi menyampaikan sebuah peribahasa berbahasa Bugis.

"Pura babbara' sompekku...

Pura tangkisi' golikku..."

"Layarku sudah terkembag...

Kemudiku sudah terpasang..."

Kita bersama

Menuju Indonesia maju!!!"

RECOMMENDED BY EDITOR