Brilio.net - Para calon presiden (capres) kembali dipertemukan pada Debat Capres ke-4 di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019. Debat yang cuma dihadiri capres 01 Joko Widodo dan 02 Prabowo Subianto ini dilaksanakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Hotel Shangri-La Jakarta, Sabtu (30/3).

Seperti debat-debat sebelumnya, para capres diharuskan untuk menyampaikan visi misinya masing-masing. Tema debat kali ini mengusung tema 'Ideologi, Pemerintahan, Pertahanan dan Keamanan, serta Hubungan Internasional'.

Ada yang menarik saat giliran Joko Widodo menyampaikan pemikirannya soal pemerintahan. Menurutnya pemerintahan Indonesia ke depan harus mengenal dan menjalankan program DILAN, yang berarti adalah digital melayani.

"Diperlukan pemerintahan 'Dilan', digital melayani, karena yang pelayanan bukan melayani, tapi juga kecepatan berbasis elektronik," kata pria yang disapa Jokowi ini.

Menurut Jokowi, pemerintahan Indonesia di masa depan harus melek elektronik dalam pelayanan publik. Semuanya perlu perubahan agar masyarakat bisa mudah mengakses apa saja dan kekinian.

"Oleh sebab itu, diperlukan reformasi dan pelayanan publik lewat elektronik," jelasnya.