Brilio.net - Presiden dan Wakil Presiden RI akan dilantik di Gedung MPR RI, Jakarta, Minggu (20/10). Berbagai persiapan telah dilakukan oleh Joko Widodo (Jokowi) dan Ma'ruf Amin. Namun pengalaman masing-masing tokoh yang akan memimpin Indonesia 5 tahun ke depan ini berbeda satu sama lain. Seperti beberapa waktu lalu, Ma'ruf Amin sempat mengatakan bahwa dirinya agak sedikit gugup karena ini merupakan pengalaman pertamanya.

"Saya ini kan belum pernah jadi Wakil Presiden. Jadi ya, hari-hari ini tentu saya agak kaget-kaget juga seperti apa nanti pelantikan itu," kata Ma'ruf Amin usai menerima pimpinan MPR di kediamannya di Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat, seperti Brilio.net lansir dari Merdeka, Minggu (20/10).

Lantas, kira-kira apa yang dilakukan Jokowi dan Ma'ruf Amin beberapa jam menjelang pelantikan?

Dilansir Brilio.net dari ANTARA, Minggu (20/10), menjelang beberapa jam pelantikan, Ma'ruf Amin menyempatkan diri berolahraga pagi di sekitar Taman Kodok, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu, ditemani istri Wuri Estu Handayani sekitar pukul 06.00 WIB.

Dalam kesempatan itu terlihat Ma'ruf Amin mengenakan setelan celana panjang hitam, kaus lengan panjang hitam, sepatu olahraga, dan topi dengan warna senada. Sementara sang istri mengenakan celana panjang hitam, atasan berwarna cerah, dan kerudung berwarna pastel.

Loading...

Ma'ruf Amin dan sang istri dikawal oleh Pasukan Pengawal Presiden (Paspampres) selama berolahraga. Tampak Ma'ruf Amin dan sang istri berjalan santai mengitari area Taman Kodok, kemudian menyusuri Jalan Banyuwangi, lalu kembali ke kediamannya di Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat.

Kegiatan olahraga tersebut berlangsung selama 10 menit. Kehadiran Ma'ruf Amin dan sang istri saat berolahraga pagi sama sekali tidak mengganggu aktivitas masyarakat.

"Tadi biasa saja. Anak-anak main basket, main bola tetap berjalan, enggak ada yang heboh," ujar salah seorang warga, Anton yang dilansir Brilio.net dari ANTARA.

Jika Ma'ruf Amin melakukan kegiatan olahraga pagi, lain cerita Presiden Jokowi. Tak ada aktivitas serupa yang tersorot media atau unggahan di akun Instagram. Namun, beberapa jam lalu Jokowi sempat mengunggah kata-kata bernada optimis di akun Twitter.

"Kerja bersama, menuju Indonesia Maju ...," tulis Jokowi bernada optimis.

Kata-kata itu seolah menunjukkan bahwa dirinya sudah siap memimpin Indonesia kembali.

Selain itu, dilansir dari ANTARA, Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo menerima kunjungan kehormatan pemimpin sejumlah negara di Ruang Kredensial Istana Merdeka Jakarta, Minggu (20/10).

Sejumlah tamu kehormatan yang bertemu Presiden Jokowi pada Minggu pagi antara lain Sultan Brunei Darussalam Sultan Hassanal Bolkiah, Perdana Menteri Australia Scott Morrison beserta Ny Jenny Morrison. Selain itu Perdana Menteri Republik Singapura Lee Hsien Loong beserta Ny Ho Ching, Perdana Menteri Kamboja Hun Sen, Raja Eswatini, Raja Mswati III beserta Ny Siphelele Mashwama.

Pada kesempatan pertama, Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo menerima Sultan Brunei Darussalam Sultan Hassanal Bolkiah. Tampak mendampingi Presiden Jokowi dalam pertemuan itu antara lain Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo menyambut kedatangan Sultan Brunei Darussalam, Sultan Hassanal Bolkiah yang didampingi oleh Pangeran Abdul Mateen, di Istana Merdeka, Jakarta, Minggu (20/10).

A post shared by Sekretariat Kabinet (@sekretariat.kabinet) on

Tampak Presiden Jokowi mengenakan setelan jas warna biru tua dan dasi warna merah sementara Ibu Negara mengenakan kebaya warna krem dengan rambut disanggul. Sedangkan Sultan Hassanal Bolkiah mengenakan setelan jas warna hitam dengan dasi warna biru.

Sebagai info, pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Indonesia akan berlangsung pada pukul 14.30 WIB. Setidaknya ada 17 kepala negara dan utusan khusus telah mengonfirmasi kehadirannya pada pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih periode 2019-2024.

"Ada 17 kepala negara, kepala pemerintahan dan utusan khusus yang confirm hadir," kata Bambang Soesatyo atau yang akrab disapa Bamsoet, Sabtu (19/10), seperti dikutip Brilio.net dari ANTARA.

RECOMMENDED BY EDITOR