Brilio.net - Pemilihan umum kepala daerah atau pilkada udah di depan mata. Hampir setiap orang membicarakan topik ini, baik yang heboh di Ibu Kota Jakarta, atau daerah-daerah. Tempat tinggalmu nggak ketinggalan topik ini, kan?

Nah, obrolan pilkada bukan cuma mulut ke mulut, tapi juga masuk ke ranah media sosial. Di media sosial pun tak kalah ramai dibandingkan dengan obrolan bertatap langsung. Malah terkadang lebih sengit. Kelemahan bahasa non verbal, dalam hal ini berupa teks, memang bisa berpotensi jadi multitafsir sih, ya.

Tapi eits...kamu tetap bisa menunjukkan aspirasi atau kepedulian tentang pilkada dengan meminimalisasi gesekan dengan temen-temen media sosialmu. Mau tahu caranya? Berikut 7 hal yang bisa kamu lakukan biar jadi netizen cerdas terkhusus jelang pilkada, sebagaimana dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (23/11):

1. Biasakan membaca sebelum share, apalagi mengkritik.

netizen cerdas Istimewa

foto: Istimewa

Nah, sebisa mungkin kamu membaca konten artikel atau berita yang ada di media sosial (medsos) sebelum membaginya ke timelinemu. Apalagi kalau kamu mau nulis caption yang bernada nyinyir, mending pertimbangkan baik-baik alasan logisnya, dan terutama baca lagi dan lagi isi artikel atau beritanya.

2. Banyakin temen di medsos.

netizen cerdas Istimewa

foto: 963wdvd.com

Berteman dengan banyak teman dari berbagai latar belakang di medsos bikin kamu jadi dapet banyak sudut pandang. Soalnya kalau pertemananmu cuma satu paham atau aliran aja, bisa jadi ketika ada kesalahan info, jadi nggak ada yang membenarkan.

3. Isi artikel atau berita cocok sama kamu terus itu benar? Cek lagi yuk, Sob!

netizen cerdas Istimewa

foto: Istimewa

Kebiasaan kebanyakan kita adalah merasa cocok dengan isi artikel atau berita yang sesuai dengan pendapat kita. Terus buru-buru kita membenarkan isi artikel atau berita tersebut. Nah, harus dibaca dan ditelaah ulang, Sob. Jangan sampai baper baca artikel atau berita terus asal share, ditambah caption seenaknya. Bisa aja kan, tuh berita salah?

4. Baca berita dengan lagak detektif. Cek lagi dan lagi, ya...

netizen cerdas Istimewa

foto: onsizzle.com/ @septianjoko_

Nggak ada salahnya kamu menelusuri lebih jauh soal kabar yang kamu baca di medsos, lho. Buang-buang waktu? Ribet? Memang, sih. Tapi daripada kamu menyebar berita hoax yang malah memperkeruh suasana. Kamu nggak akan tahu sejauh apa dampak penyebaran kabar hoax yang memperparah keadaan, lho.

5. Ademin hati dan pikiran sebelum baca timeline medsos.

netizen cerdas Istimewa

gif: veryfund.co

Siapa yang nggak ngakuin medsos udah jadi semacam kerumunan masyarakat versi digital dan maya? Segala macam orang dan omongannya ada di sana. Nah, kalau kita sendiri nggak bisa menyaring dan mengendalikan diri, rusuhlah sudah.

Maka dari itu, kamu jangan mudah baper membaca berita di medsos kalau tips nomor 4 belum kamu lakukan. Siapa tahu kan, kamu terlanjur baper, ngeshare berita, eh ternyata hoax. Dari yang semula ikutan sedih, jadi marah mengutuki penyebar kabar hoax. Apalagi kalau dari semula kamu marah-marah baca artikel, eh ternyata foto yang di artikel itu foto lama alias jadi kabar basi. Kamu yang nyesel dan malu sendiri, kan?

6. Jangan "nyampah" di kolom komentar status temen.

netizen cerdas Istimewa

foto: twitter.com/warkop_id

Yup, tahan diri Sob, untuk berkomentar sengit atau menyudutkan di kolom komentar status temen yang berbeda sudut pandang denganmu. Kalau kamu memang nggak setuju dengan pendapatnya, sampaikan aja argumen dengan bahasa yang patut. Jangan sampai berkata kotor dan semacamnya. Gimanapun, kita butuh damai, pertemanan juga kudu awet walaupun berbeda pandangan. Bukankah berbeda itu indah? Kayak semboyan negara kita, Bhinneka Tunggal Ika?

7. Share konten-konten menghibur yang ngademin dan inspiratif.
Kamu bisa jadi pembawa hawa sejuk di tengah hiruk-pikuk "panasnya" kabar pilkada, Sob. Saat banyak temenmu di medsos ngomongin politik yang bikin jenuh, kamu bisa share tuh konten-konten lucu. Misalnya aja:

- Share gif hewan lucu.

netizen cerdas Istimewa

gif: wifflegif.com

- Bagi-bagi info orangtua yang inspiratif atau yang menyentuh hati. Siapa tahu kamu jadi semangat lagi atau bisa menggerakkan massa untuk membantu orang tersebut.

netizen cerdas Istimewa

foto: screenshot by brilio.net

- Share meme lucu yang kamu banget.

netizen cerdas Istimewa

foto: Istimewa

Bisa juga sih, kamu ngeshare konten lucu tentang politik atau pilkada tapi sebisa mungkin nggak ikutan menyudutkan salah satu pihak ya, Sob. Kan, niatnya ngademin. Untung-untung kalau kamu share kabar inspiratif. Bikin orang langsung cooling down gitu, deh. Siapa tahu bikin mereka sadar bahwa hidup bukan persoalan politik semata, ups!

Well, Sob...siap praktik jadi netizen cerdas? Orang cerdas kelihatan dari postingan medsos-nya, lho. Cerdas di sini bukan sekada pola pikir, tapi juga sikap. Yuk, tunjukkan #AttitudeGanteng dengan jadi netizen cerdas.

Nah, lengkapi #AttitudeGanteng dengan #GantengKit dari GATSBY, Sob. Kamu bisa pakai body care GATSBY berupa body wash yang terdiri dari dua varian, yakni Shower Gel Refresh Cool Sensation dan Shower Gel Original Masculine Fragrance. Jangan lupa pantengin terus Instagram GATSBY di sini untuk update #AttitudeGanteng dan #StyleGanteng. Karena #SemuaBisaGanteng, kamu pun bisa ganteng juga, Sob.