Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
BRILIO >> Politik
Nisa Akmala (brl/vin)

08 Januari 2019 20:37

Elektabilitas Jokowi-Ma'ruf Amin unggul dari Prabowo-Sandi

Merujuk dari hasil Survei Indikator, pasangan nomor urut 1 unggul sekitar 20 persen. .

Elektabilitas Jokowi-Ma'ruf Amin unggul dari Prabowo-Sandi

View Image



Brilio.net - Jelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 pada April mendatang, Lembaga Survei Indikator Politik Indonesia telah merilis survei mengenai elektabilitas pasangan capres-cawapres, yakni Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Dalam hasil survei yang dirilis Survei Indikator di Twitter resminya @indikatorcoid pada Rabu (8/1), elektabilitas Jokowi-Ma'ruf Amin mencapai 54,9 persen, sedangkan Prabowo-Sandiaga Uno 34,8 persen. Survei tersebut menunjukkan pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin unggul sebesar 20,1 persen dibanding Prabowo-Sandi.

Sementara itu, sebanyak 9,2 persen belum menentukan pilihan, sisanya sebesar 1,1 persen mengaku tidak mau memilih alias golput. Dalam rilis yang ditampillan Survei Indikator, isu-isu personal yang belakangan ini menyerang Jokowi dan Prabowo tidak memengaruhi para mendukung untuk beralih pada pilihannya.

survei indikator capres 2019  © 2019 brilio.net

foto: Twitter/@indikatorcoid

Loading...

"Dukungan terhadap pasangan Jokowi-KH. Ma'ruf Amin 54,9 persen dan Prabowo-Sandi 34,8 persen," tulis Survei Indikator Politik Indonesia dalam rilisnya seperti dikutip brilio.net, Rabu (8/1).

Dibanding survei pada September dan Oktober 2018 lalu, elektabilitas pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin dan Prabowo-Sandi mengalami peningkatan. Pada survei bulan September 2018, Jokowi-Ma'ruf Amin meraih 57,7 persen dan Prabowo 32,3 persen.

Di bulan Oktober lalu, elektabilitas Jokowi-Ma'ruf Amin turun menjadi 53% sedangkan Prabowo-Sandi 30 persen. Hasil Survei Indikator pada bulan Desember juga menunjukkan peningkatan elektabilitas diantara dua pasangan capres-cawapres.

Hasil Survei Indikator mengenai elektabilitas dua pasangan capres-cawapres untuk bulan Januari 2018 ini menunjukkan elektabilitas Jokowi-Ma'ruf Amin turun 2,8 persen apabila dihitung dari September-Desember. Sedangkan Prabowo-Sandiaga naik 2,5 persen.

Survei Indikator Politik Indonesia ini dilakukan terhadap 1.220 responden berusia 17 tahun ke asal dengan sampel acak di 34 provinsi di Indonesia, pada 6-16 Desember 2018. Metode survei yang digunakan adalah wawancara tatap muka.

RECOMMENDED BY EDITOR

Pilih Reaksi Kamu



Tags

Pilpres 2019 Prabowo Subianto Presiden Jokowi Ma'ruf Amin Sandiaga Uno Survei
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE