Brilio.net - Forum Ijtima Ulama yang digagas Gerakan Nasional Pengawal Fatwa merekomendasikan Ustaz Somad menjadi calon wakil presiden (cawapres) mendampingi Prabowo Subianto pada Pilpres 2019. Ulama asal Riau itu justru meminta didoakan menjadi ustaz saja sampai akhir hayatnya. 

"Doakan Ustaz Somad istiqomah jadi ustaz sampai mati. Ini ada dunia pendidikan dan dakwah, biarkan Ustaz Somad fokus pendidikan dan dakwah saja," katanya disambut tepuk tangan dari peserta tabligh akbar di Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang, Senin (30/7).

"Para ulama ijtima, santri-santri, memberikan rekomendasi, kita hormati, kita muliakan, dan kita doakan," tambahnya.

Dia mengajak generasi muda, khususnya kalangan mahasiswa, yang hadir dalam acara tausiah itu untuk menggapai cita-citanya yang disebutkannya berpeluang untuk mengisi enam paket jabatan negara.

"Ada peluang jadi anggota legislatif kabupaten, kota, provinsi, pusat, Dewan Perwakilan Daerah (DPD), presiden, dan wakil presiden. Ada peluang enam paket yang bisa kalian isi," katanya dikutip Antara.

Kalau merasa mampu, kata dia, tidak ada salahnya untuk mencoba peluang tersebut. Tetapi jika masih merasa belum mampu, generasi muda masih mempunyai hak pilih yang harus digunakan dengan sebaik-baiknya.

"Kalau mampu, calonkan diri kalian. Kalau tidak mampu, kalian masih punya suara untuk memilih. Nanti, ketika mencoblos kertas pada 2019 (pemilu dan pilpres), ingat kalian sedang memilih pemimpin," pungkasnya.