Brilio.net - Kamu pernah menyaksikan kuis legendaris di televisi berjudul Who Wants To Be A Millionaire? Jika iya, tentu kamu tak asing lagi dengan pembawa acaranya yang fenomenal Tantowi Yahya. Pria kelahiran Indralaya, Sumatera Selatan, 29 Oktober 1960 ini belakangan mengejutkan banyak orang. Pasalnya, adik Helmy Yahya yang juga seorang pembawa acara yang andal ini, kini telah ditunjuk Presiden Joko Widodo sebagai Dubes Selandia Baru.

Pelantikan Tantowi Yahya sebagai Duta Besar Luar Biasa Berkuasa Penuh untuk Selandia Baru merangkap Samoa & Kerajaan Tonga ini dilaksanakan pada Senin (13/3) di Istana Negara, Jakarta. Lalu bagaimana sebenarnya perjalanan karier Tantowi Yahya ini, hingga sekarang menjadi dubes Indonesia di Selandia Baru? Berikut brilio.net rangkum dari beberapa sumber, Rabu (15/3):

1. Tahun 2001-2009.

Tantowi Yahya © 2017 Tantowi Yahya

foto: e-book Wajah DPR dan DPD, 2009-2014.

Loading...

Sejak kecil memang Tantowi ingin menjadi orang yang terkenal, ia pun mengambil kuliah Akademi Kepariwisataan Indonesia di Yogyakarta untuk mewujudkan mimpinya. Passion dan kemampuannya untuk berkomunikasi dengan bahasa yang bagus dan ramah tersebut membuatnya memiliki karier yang gemilang sebagai pembawa acara. Tantowi bisa menjadi penghuni baru di ranah hiburan Tanah Air pada tahun itu.

Nama Tantowi mulai dikenal publik saat ia membawakan kuis Gita Remaja di TVRI, pada tahun 1989, yang dipandu oleh Ani Sumadi. Namanya makin moncer sebagai raja kuis saat terpilih sebagai pembawa acara kuis bertaraf internasional, Who Wants To be a Millionaire di RCTI, yang dibawakannya dari tahun 1999 hingga 2006.

Selama kurang lebih delapan tahun dari tahun 2001 hingga 2009. kerja keras Tantowi terbayar dengan diboyongnya beberapa penghargaan sebagai The Most Favourite Television Quiz Host dalam ajang Panasonic Awards 2003 hingga 2005 serta tahun 2009.

2. Tahun 2009-2014.

Tantowi Yahya © 2017 Tantowi Yahya

foto: Twitter/@tantowiofficial

Pada tahun 2009 Tantowi yang sudah dikenal sebagai pembawa acara, host beberapa acara top di televisi dan juga ikon musik country di Indonesia ini memasuki dunia politik. Pada Pemilu 2009, ia terpilih menjadi angota DPR RI dari Partai Golkar dengan daerah pemilihan Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan.

3. Tahun 2014-2017.

Tantowi Yahya © 2017 Tantowi Yahya

foto: Twitter/@tantowiofficial

Pada pemilu berikutnya Tantowi mempertaruhkan popularitasnya lagi untuk daerah pemilihan DKI Jakarta. Tantowi kembali sukses menjadi anggota DPR RI untuk periode 2014-2019 dan didaulat partainya untuk menjadi Wakil Ketua Komisi I DPR RI yang mengurusi Pertahanan, Intelijen, Luar Negeri & Komunikasi serta Wakil Ketua Badan Kerjasama Antar Parlemen (BKSAP).

4. Tahun 2017 sampai sekarang.

Tantowi Yahya © 2017 Tantowi Yahya

foto: Twitter/KSPgoid

Tantowi Yahya © 2017 Tantowi Yahya

foto: Twitter/KSPgoid

Belum genap masa tugasnya di DPR RI, Tantowi sudah diajukan oleh Presiden untuk menjadi duta besar (dubes) Indonesia di Wellington, Selandia Baru. Tantowi mengaku dirinya diusulkan Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto sebagai dubes. Hal ini karena Golkar telah bergabung dengan partai pendukung pemerintah, yang artinya harus ikut membantu pemerintah menjalankan program-programnya, termasuk di luar negeri.

RECOMMENDED BY EDITOR