Brilio.net - Debat calon presiden (Capres) ke-4 akan diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum Sabtu (30/4) malam ini pukul 20.00 di Hotel Shangri-La, Jakarta. Debat yang melibatkan Capres nomor urut 01, Joko Widodo (Jokowi) dan Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto ini akan berlangsung sekitar dua jam. Stasiun televisi yang akan menyiarkannya yakni Metro TV, Indosiar dan SCTV.

Dilansir Brilio.net dari Antara, debat ini akan dimoderatori pembawa acara berita (News Ancor) di SCTV, Retno Pinasti, dan pembawa acara berita di Indosiar Zulfikar Naghi. Sementara selaku panelis ada sembilan orang yang terbagi berdasarkan tema berbeda. Berikut daftar panelis debat Capres malam ini.

Tema Ideologi
1. Prof DR Zakiyuddin, M.Ag (Direktur Pascasarjana IAIN Salatiga)
2. Dr J Haryatmoko SJ (akademisi Fakultas Teologi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta).

Tema Pemerintahan
3. Dr Erwan Agus Purwanto M Si (Dekan Fisip Universitas Gadjah Mada)
4. Dr Valina Singka Subekti M Si (akademisi Departemen Ilmu Politik Fisip UI)
5. Dadang Tri Sasongko (Sekjen Transparency International Indonesia)

Tema Pertahanan dan Keamanan
6. Al Araf (Direktur Eksekutif Imparsial)
7. Dr Ir Apolo Safanpo ST MT (Rektor Universitas Cenderawasih)

Tema Hubungan Internasional
8. Drs I Basis Eko Soesilo MA (Pengajar HI Fisip Unair)
9. Dr Kusnanto Anggoro (Akademisi Fisip UI)

Lebih lanjut, mekanisme debat keempat mengacu pada debat ketiga. Ada enam segmen dalam debat. Segmen pertama, kedua kandidat memaparkan visi misi sesuai tema. Segmen kedua dan ketiga merupakan sesi pertanyaan dari panelis yang disampaikan melalui moderator.

Segmen keempat dan kelima diisi kedua Capres akan saling melempar pertanyaan. Lantas segmen keenam debat, kedua Capres diberikan kesempatan memberikan kalimat pamungkas sebagai penutup debat.