Brilio.net - Banyak dari kita yang sering bertanya-tanya dan membandingkan seberapa besar pendapat seorang presiden per bulannya. Atau berapa banyak jumlah harta yang dimilikinya dengan posisinya sebagai orang nomor satu di negara tersebut.

Ternyata, selain mendapat pemasukan gaji sebagai pemimpin negara, tak sedikit dari mereka yang memiliki penghasilan tambahan dari bisnis-bisnis yang dikelola sebelumnya.

Dilansir brilio.net dari celebritynetworth.com, Sabtu (3/12), berikut daftar pemimpin negara yang memiliki kekayaan terbesar.


1. Uhuru Kenyatta.

presiden terkaya © 2016 brilio.net

foto: africacradle.co

Presiden Uhuru Kenyatta menjabat sebagai presiden Kenya sejak Maret 2013. Ia juga pernah menjabat sebagai Wakil Perdana Menteri Kenya. Pria berusia 55 tahun ini disebutkan memiliki harta kekayaan berjumlah USD 500 juta atau setara dengan Rp 6,7 triliun. Ia dan keluarganya memiliki tanah perkebunan yang luas, beberapa hotel, serta pabrik susu.  


2. Paul Kagame.

presiden terkaya © 2016 brilio.net

foto: zambianobserver.com

Presiden Rwanda saat ini adalah seorang pendiri Front Patriotik Rwanda dan terkenal karena berhasil menghentikan Pembantaian Rwanda. Kagame telah memerintah di Rwanda sejak tentaranya mengakhiri genosida tahun 1994.

Pada 2012, Financial Times merilis sebuah laporan yang menegaskan Paul Kagame dan anggota keluarganya diduga mengendalikan sebagian besar perekonomian Rwanda melalui perusahaan induk yang disebut Kristal Ventures. FT.com juga mengklaim bahwa Crystal Ventures memiliki aset yang memiliki nilai USD 500 juta atau setara dengan Rp 6,7 triliun, termasuk  jet pribadi Bombardier Global Express .


3. Ilham Heydar oglu Aliyev.

presiden terkaya © 2016 brilio.net

foto: thefamouspeople.com

Ilham Aliyev menjabat sebagai Presiden Azerbaijan sejak 31 Oktober 2003 lalu. Anak mantan presiden Heydar Aliyev ini dilaporkan memiliki harta sebanyak USD 500 juta atau setara dengan Rp 6,7 triliun. Menurut banyak pihak, ia dan keluarganya disebut memegang sumber daya minyak di  Azerbaijan yang sangat besar.


4. Horacio Manuel Cartes Jara.

presiden terkaya © 2016 brilio.net

foto: presidencia.gov.py

Horacio Cartes adalah seorang bisnisman dan presiden Paraguay sejak tahun 2013 lalu. Ia adalah seorang konglomerat Grupo Cartes, termasuk bisnis tembakau, minuman ringan, produksi daging dan industri perbankan.

Dia juga presiden klub sepak bola Klub Libertad dari tahun 2001 sampai 2012 dan adalah presiden departemen tim nasional dari Asosiasi Sepakbola Paraguay selama kualifikasi Piala Dunia FIFA 2010. Dilaporkan kekayaannya mencapai USD 500 juta atau setara dengan Rp 6,7 triliun.


5. Omar Hassan al-Bashir.

presiden terkaya © 2016 brilio.net

foto: britannica.com

Letnan Jenderal Omar Hassan Al-Bashir adalah Presiden Sudan sekaligus pimpinan Partai Kongres Nasional (National Congress Party). Dia memerintah sejak tahun 1989 ketika dia memimpin kudeta militer tak berdarah atas pemerintahan perdana menteri saat itu, Sadiq Al-Mahdi.

Sejak saat itu Bashir menjadi kepala negara Sudan sampai tahun 1993, dan menjabat sebagai Presiden Sudan dari tahun 1993 hingga saat ini. Kekayaan pria berumur 72 tahun itu dilaporkan mencapai USD 1 miliar atau setara dengan Rp 13,5 triliun.



6. Sebastian Pinera.

presiden terkaya © 2016 brilio.net

foto: alchetron.com

Sebastian Pinera adalah mantan Presiden Chile dan memiliki kekayaan bersih sebesar USD 2,4 miliar atau setara dengan Rp 32,5 triliun. Presiden Chile ke-35 ini juga seorang pengusaha dan investor, dan pemimpin Koalisi untuk Perubahan.

Dia juga pemilik tunggal Chilevision, sebuah perusahaan penyiaran Chili. Dia terpilih sebagai Presiden tahun 2010 dan masa jabatannya berakhir pada Maret 2014. Ia menjadi miliarder pertama yang menjadi Presiden Chili.


7. Donald Trump.

presiden terkaya © 2016 brilio.net

foto: theonion.com

Presiden terpilih Amerika Serikat ini disebut jumlah kekayaannya mencapai Rp 4,5 miliar atau setara dengan Rp 61 triliun. Trump memiliki aset yang cukup banyak, di antaranya adalah Trump Tower, Trump World Tower dan berbagai kasino resor yang terletak di seluruh Amerika Serikat.


8. Kim Jong-un.

presiden terkaya © 2016 brilio.net

foto: borgenmagazine.com

Presiden Korea Utara ini dilaporkan memiliki kekayaan USD 5 miliar atau setara dengan Rp 67 triliun. Kim Jong-un menjadi presiden pada tahun 2011. Pada Maret 2013, penyelidikan yang dilakukan pihak Korea Selatan dan Amerika menemukan aset dan rekening bank yang dikendalikan oleh Kim Jong-un dan keluarganya sebanyak USD 5 miliar.

Aset ini ditemukan di lebih dari 200 rekening bank asing di seluruh dunia di negara-negara termasuk Austria, Lichtenstein, Rusia, Singapura, China, Swiss dan Luksemburg. Banyak dari account tersebut berlokasi di China dan dilaporkan mengandung ratusan juta dolar dalam bentuk tunai.


9. Vladimir Putin.

presiden terkaya © 2016 brilio.net

foto: pinterest.com

Di peringkat pertama, Vladimir Putin disebut memiliki kekayaan USD 70 miliar atau setara dengan Rp 950 triliun. Presiden Rusia ini gajinya dalam setahun USD 187 ribu atau setara dengan Rp 2,5 miliar. Putin mengklaim memiliki kekayaan bersih yang relatif sedikit, yakni terdiri dari USD 180.000 atau setara dengan Rp 2.4 miliar dalam rekening tabungannya, beberapa mobil buatan Rusia dan 487.680 cm persegi tanah di pinggiran kota Moskow.

Selama masa pemerintahannya, banyak orang dalam dan ahli di Rusia percaya bahwa banyak industri yang sebelumnya milik negara diprivatisasi. Putin diduga telah menggunakan kekuasaannya untuk membangun kepemilikan saham besar di beberapa perusahaan komoditas.