Brilio.net - Tanggal 4 November 2016 mungkin akan menjadi hari yang tak pernah dilupakan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) seumur hidupnya ke depan. Hari ini, (4/11), Ahok menyita perhatian hampir seluruh rakyat Indonesia lantaran dirinya tengah didemo ribuan umat muslim di Jakarta. Demo besar ini merupakan buntut panjang dari pernyataannya di depan masyarakat Kepulauan Seribu yang dianggap menghina surat Al Maidah ayat 51.

Meski demikian, Ahok sebenarnya memiliki keakraban dengan umat Islam. Sejauh ini Ahok juga memiliki catatan keakraban dengan umat Islam. Dia pernah membantu umat Islam dalam berbagai bidang. Nah, berikut ini 5 aksi Ahok ini bukti Ahok akrab dengan umat Islam yang dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (4/11):

1. Membiayai santri untuk belajar di pesantren luar Jakarta.

Keakraban Ahok dengan umat muslim 1-5 © 2016 brilio.net

Foto: Facebook/AhokBTP

Tahun 2016 sudah ada Kartu Jakarta Pintar di seluruh madrasah. Santri Jakarta yang ingin belajar di luar Jakarta pun dibiayai. Ahok juga dekat dengan beberapa pengurus pondok pesantren di berbagai wilayah.

2. Ahok membantu pengurus masjid di Jakarta.

Keakraban Ahok dengan umat muslim 1-5 © 2016 brilio.net

Foto: Facebook/AhokBTP

Kalau soal ini sesuai dengan pernyataan Djan Fariz, Ketua Umum PPP versi Muktamar Jakarta. Menurutnya, Ahok banyak membantu mengurus masjid bahkan sampai memberangkatkan pengurus masjid umroh. Tapi, Ahok memang tak mau gembar-gembor soal ini. Menurutnya, dia tak mau disebut riya.

3. Membangun masjid di Balai Kota Jakarta.

Keakraban Ahok dengan umat muslim 1-5 © 2016 brilio.net

foto: Jakartasatu

Tahun 2015, Ahok menganggarkan Rp 40 miliar untuk membangun masjid di Balai Kota Jakarta. Pembangunan masjid dengan dana APBD 2015 tersbut, dipilih Ahok sendiri desainnya. Masjid megah itu kini sudah bisa digunakan umat muslim untuk beribadah.

4. Ahok tak mau umat muslim Jakarta buta Alquran.

 

Keakraban Ahok dengan umat muslim 1-5 © 2016 brilio.net

Foto: Facebook/AhokBTP

Ahok pernah memberikan pernyataan ketika membuka acara Konferensi Wilayah Gerakan Pemuda (GP) Ansor XVII di Balaikota Jakarta. Dalam kesempatan tersebut, Ahok menyatakan tak ingin ada umat muslim Jakarta yang buta Alquran. Menurutnya, jika semua orang bisa membaca Alquran dengan baik dan memahami maknanya maka Islam yang rahmatan lil alamin akan terwujud.

5. Ahok dekat dengan keluarga Gus Dur.

Keakraban Ahok dengan umat muslim 1-5 © 2016 brilio.net

foto: Ahok

Tentu saja semua orang kenal Almarhum Gus Dur. Ahok sendiri memiliki kedekatan dengan keluarga Gus Dur. Ketika hadir di haul Gus Dur tahun lalu, Ahok mengaku Gus Dur adalah orang pertama yang mendukungnya menjadi Gubernur DKI.