Brilio.net - Tahun 2018 bisa disebut sebagai tahunnya politik. Pasalnya, 171 daerah akan menggelar Pilkada serentak pada Juni 2018. Dari jumlah itu, ada 17 provinsi dari 34 yang akan memilih gubernur dan wakil gubernur.

Partai-partai politik pun mulai mempersiapkan nama-nama kandidat yang akan maju di pertarungan Pilkada mendatang. Dari banyak nama, ada beberapa sosok muda yang diprediksi bakal mencuri perhatian di pertarungan Pilkada 2018. Beberapa nama pastinya nggak asing lagi di telingamu.

Berikut politisi-politisi muda yang siap curi perhatian di Pilkada 2018, seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (3/1).

1. Emil Dardak.

Politisi muda ini siap curi perhatian di Pilkada 2018 © 2018 berbagai sumber

foto: instagram/@emildardak

Emil Dardak merupakan Bupati Trenggalek yang memutuskan maju menemani Khofifah Indar Parawangsa pada Pilgub Jatim 2018. Karier Emil di dunia politik dimulai pada tahun 2015. Saat itu menjadi pasangan termuda dalam pilkada serentak bersama Mochamad Nur Arifin.

Emil Dardak tak lahir dari keluarga sembarangan. Kakeknya adalah H. Mochamad Dardak, salah satu kyai Nahdlatul Ulama. Sedangkan sang ayah, Hermanto Dardak merupakan Wakil Menteri Pekerjaan Umum periode tahun 2010-2014.

Sementara ibunya bernama Sri Widayati, dari sang ibu mengalir darah Letjen Anumerta Wiloejo Poespojudo, Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional pertama di era Presiden Soekarno.

Sebelum menjabat sebagai Bupati Trenggalek, Suami dari Arumi Bachsin ini juga memiliki riwayat pendidikan yang luar biasa. Ia memperoleh gelar diploma dari Melbourne Institute of Business and Technology di usia 17 tahun.

Selanjutnya, Emil Dardak berhasil meraih gelar Doktor Ekonomi Pembangunan termuda di Jepang dari Ritsumeikan Asia Pacific University. Kala itu, Emil masih berusia 22 tahun.

 

2. Ridwan Kamil.

Politisi muda ini siap curi perhatian di Pilkada 2018 © 2018 berbagai sumber

foto: dok. istimewa

Namanya tentu tak asing lagi bagi masyarakat Jawa Barat. Selain dianggap berprestasi saat menjabat sebagai Walikota Bandung, Ridwan Kamil juga memiliki kemampuan berkomunikasi dengan publik, termasuk di media sosial.

Tak heran jika pria 46 tahun ini merupakan calon yang memiliki elektabilitas tertinggi di pilgub Jawa Barat. Apalagi kini Ridwan Kamil dipastikan mendapat dukungan dari PPP, PKB, NasDem dan Hanura dengan total 24 kursi di DPRD Jawa Barat.

Sayangnya, hingga berita ini diturunkan, Ridwan Kamil belum juga menentukan siapa sosok yang akan mendampinginya nanti. Namun

 

3. Abdullah Azwar Anas.

Politisi muda ini siap curi perhatian di Pilkada 2018 © 2018 berbagai sumber

foto: merdeka.com

Azwar Anas merupakan Bupati Banyuwangi yang menjabat sejak 21 Oktober 2010. Namanya dianggap sukses dalam memimpin Bumi Blambangan. Sejumlah prestasi pun berhasil diraih pria 44 tahun ini.

Sebelum menjabat sebagai bupati, Azwar juga sempat menjadi perbincangan ketika menjadi anggota MPR periode 1997-1999. Saat itu ia dinobatkan sebagai anggota MPR termuda, di usia 24 tahun.

Di pilgub Jatim 2018, Azwar akan maju menjadi cawagub mendampingi Saifullah Yusuf atau yang akrab disapa Gus Ipul. Keduanya akan didukung oleh PKS, PDIP, dan juga PKB.

 

4. Moreno Soeprapto.

Politisi muda ini siap curi perhatian di Pilkada 2018 © 2018 berbagai sumber

foto: instagram/@moreno_soeprapto

Mendengar nama Moreno Soeprapto, tentu yang diingat adalah sederet prestasi yang pernah ia torehkan di ajang balap mobil nasional maupun internasional. Moreno pindah haluan ke dunia politik sejak tahun 2014.

Keputusannya itu ternyata berbuah positif, ia lolos melenggang ke Senayan menjadi anggota DPR untuk periode 2014-2019. Kini nama Moreno disebut-sebut akan ikut meramaikan Pilgub Jatim 2018.

Salah satu partai yang masih berniat mengusung namanya adalah PAN dan Gerindra. PAN sendiri berniat menghadirkan Moreno Soeprapto sebagai calon alternatif bersama Anang Hermansyah. Nama dua anggota DPR ini kini tengah digodok melalui beberapa survei.