Brilio.net - Pasangan Joko Widodo dan Ma'ruf Amin akan segera dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden untuk periode 2019-2024 pada Oktober 2019 nanti. Sebagai presiden terpilih kedua kalinya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan segera memulai roda pemerintahan untuk kedua kalinya.

Sebelum pelantikan, sampai saat ini susunan kabinet dan menteri masih misterius. Tentunya membuat rasa tak sabar dan penasaran seluruh masyarakat dan petinggi Tanah Air. Kabarnya pada periode kedua ini, akan banyak kejutan dari Jokowi. Kejutan itu khususnya datang dari susunan Kabinet Kerja Jilid II.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini akhirnya sedikit demi sedikit membocorkan mengenai susunan kabinetnya nanti. Nah, apa saja kejutan dari Jokowi untuk era keduanya ini? Simak ulasannya di bawah ini seperti dirangkum brilio.net dari merdeka.com dan berbagai sumber lainnya pada Kamis (15/8).


1. Menteri muda.

kejutan Jokowi periode 2 instagram

foto: Instagram/@jokowi


Presiden Jokowi memastikan akan ada menteri muda dalam Kabinet Kerja Jilid II. Menteri muda yang dipilih yang bisa mengeksekusi ide dan gagasan sesuai dengan tugas pokok dan fungsi lembaganya.

Meski belum diumumkan, Jokowi membocorkan sedikit ciri menteri muda yang akan duduk bersama di kabinetnya lima tahun mendatang.

"Yang jelas di bawah 30 tahun ada, di bawah 35 tahun juga ada," kata Jokowi saat bertemu dengan sejumlah pimpinan media massa di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (14/8).

2. Jaksa Agung dari non partai.

kejutan Jokowi periode 2 instagram

foto: Instagram/@jokowi


Pada periode kedua pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), kursi Jaksa Agung tak lagi diisi oleh orang partai. Dalam pemilihan Jaksa Agung Jokowi pasti memperhatikan suku, etnis dan agama.

"Jaksa Agung pasti bukan dari parpol," ujar Jokowi saat bertemu dengan para pemimpin redaksi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (13/8).



3. Komposisi menteri.

kejutan Jokowi periode 2 instagram

foto: Instagram/@jokowi


Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan komposisi menteri sudah terpenuhi. Kalangan profesional diberikan ruang lebih ketimbang partai politik di kabinet 2019-2024.

Jokowi menyebut, nama-nama menteri telah disampaikan kepada ketua umum partai politik pengusungnya di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

"Kabinet sudah final. Komposisi 45 parpol, 55 profesional," ujar Jokowi saat bertemu pemimpin redaksi media massa di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (14/8).



4. Kementerian baru.

kejutan Jokowi periode 2 instagram

foto: Instagram/@jokowi


Kejutan lain di periode kedua pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin soal kementerian baru. Jokowi akan membentuk kementerian baru yang fokus menangani investasi.

"Ada juga Kementerian Investasi, akan konsentrasi di digital dan kreatif," kata Jokowi di Istana Negara Rabu (14/8).

Selain itu, bakal ada kementerian yang dilebur dalam pemerintahan 2019-2024. Namun demikian, jumlah menteri tetap seperti saat ini yakni 34 kementerian.