Brilio.net - Euforia Pemilu 2019 nggak hanya dirasakan masyarakat Indonesia, tapi juga Warga Negara Indonesia (WNI) yang tengah merantau di luar negeri. Berbeda dengan Indonesia yang baru akan menggelar pemungutan suara pada Rabu (17/4) mendatang, pemungutan suara di luar negeri sudah dilakukan pada 8-14 April 2019. Sedangkan perhitungan surat suara baru dimulai pada 17 April 2019 mendatang.

Ratusan ribu penduduk WNI yang tersebar di berbagai negara pun tak mau melewatkan momen untuk memberikan hak suaranya untuk memilih pasangan capres dan cawapres serta anggota DPR. Melalui akun Twitter resminya, Kementrian Luar Negeri Republik Indonesia membagikan suasana pemungutan suara di berbagai negara di dunia.

Meskipun berlangsung aman dan tertib di sejumlah negara, bukan berarti pemungutan suara di luar negeri tak mengalami lika-liku. Di Sydney, Australia ratusan WNI sempat melayangkan protes karena tak bisa menggunakan hak suaranya pada Pemilu 2019. Anggota Sekretariat PPLN Sydney, Australia menjelaskan WNI tak bisa menggunakan hak suaranya karena tidak masuk DPT.

"Sesuai aturan, pemungutan suara berlangsung pukul 08.00 hingga 18.00. Sementara pemilih yang masuk dalam DPT khusus memilih mulai pukul 17.00. Penutupan ini dengan mempertimbangkan penggunaan gedung dan sesuai dengan aturan yang ditentukan KPU," ujar Hermanus seperti dikutip brilio.net dari liputan6.com, Senin (15/4).

Terlepas dari kabar tersebut, suasana pemungutan suara di negara lainnya terpantau aman dan lancar. Momen Pemilu 2019 ini juga dijadikan ajang para WNI untuk berkumpul. Dilansir brilio.net dari berbagai sumber pada Senin (15/4), berikut 15 potret suasana Pemilu 2019 di luar negeri.

Loading...

1. Ribuan WNI yang terdiri dari pelajar hingga para pekerja melakukan pencoblosan di Sekolah Republik Indonesia Tokyo dan Balai Indonesia yang berlangsung aman.

nyoblos di luar negeri suasana © 2019 brilio.net-foto: Twitter/@zulfikaralex

2. Begini antusiasnya para WNI di Beijing, China untuk memberikan hak suaranya pada Pemilu 2019.

nyoblos di luar negeri suasana © 2019 brilio.net-foto: Twitter/@KBRI_Beijing

3. Pemungutan suaran di Pyongyang, Korea Utara diikuti 20 WNI yang masuk dalam DPT. Korut Jadi negara dengan jumlah DPT WNI paling sedikit.

nyoblos di luar negeri suasana © 2019 brilio.net-foto: Twitter/@Kemlu_RI

4. Suasana pemungutan suara di Houston, Amerika Serikat semakin semarak dengan hadirnya anak-anak yang memberikan tari-tarian Indonesia.

nyoblos di luar negeri suasana © 2019 brilio.net-foto: Twitter/@houstonKJRI

5. Beda dari yang lain, para panitia pemungutan suara di Islamabad, Pakistan tampil kece dengan busana warna cokelat dan dasi kupu-kupu.

nyoblos di luar negeri suasana © 2019 brilio.net-foto: Twitter/@KBRI_Islamabad

6. Suasana kekeluargaan begitu terasa di KBRI Dubai saat pemungutan suara. Para WNI mendapat makan siang dan berkumpul di halaman KBRI layaknya orang piknik.

nyoblos di luar negeri suasana © 2019 brilio.net-foto: Twitter/@kjridubai

7. Di Bulgaria, para pemilih mendapatkan berbagai makanan tradisional Indonesia seperti onde-onde, martabak dan pisang cokelat.

nyoblos di luar negeri suasana © 2019 brilio.net-foto: Twitter/@Kemlu_RI

8. Nggak kalah antusias dari WNI di negara lain, pemungutan suara di Berlin, Jerman juga berlangsung ramai dan aman.

nyoblos di luar negeri suasana © 2019 brilio.net-foto: Twitter/@Kemlu_RI

9. Nah, kalau yang ini suasana pemungutan suara di Pulau Balut & Pulau Sarangani di ujung selatan Filipina yang digelar di pinggir pantai.

nyoblos di luar negeri suasana © 2019 brilio.net-foto: Twitter/@Kemlu_RI

10. Meskipun nggak sebanyak di Beijing dan Tokyo, suasana pemungutan suara di Amman, Yordania tetap lancar.

nyoblos di luar negeri suasana © 2019 brilio.net-foto: Twitter/@Kemlu_RI

11. Ratusan WNI yang menetap di Vatikan juga nggak mau melewatkan momen untuk memberikan hak suaranya untuk masa depan bangsa.

nyoblos di luar negeri suasana © 2019 brilio.net-foto: Twitter/@Kemlu_RI

12. Sebanyak 127 ribu lebih WNI di Singapura rela mengantre sepanjang 2 KM untuk bisa nyoblos lho. Kerennya lagi, para WNI antre dengan tertib.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

. Saya sangat terharu. Padahal saya cuma bagian dari pengamanan Pemilu... Antusiasme WNI yg berada di Singapura untuk mengikuti Pemilu sangat tinggi. Mereka rela mengantri hingga 2KM hanya untuk mencoblos. Total jumlah pemilih terdaftar sekitar 127 ribu orang lebih. Hingga siang ini tak putus2 warga mendatangi KBRI dg gembira untuk mengikuti Pesta Demokrasi.. . Siapapun nanti yg terpilih, tolong jaga amanah mereka. I love Indonesia #kmupdates

A post shared by Krishna Murti (@krishnamurti_bd91) on

13. Suasana kekeluargaan juga begitu terasa saat momen pemungutan suara di Selandia Baru.

nyoblos di luar negeri suasana © 2019 brilio.net-foto: Instagram/@tantowiyahyaofficial

14. Para WNI yang tinggal di London, Inggris juga rela mengantre sejak pagi di depan KBRI, London untuk nyoblos.

nyoblos di luar negeri suasana © 2019 brilio.net-foto: Instagram/@irmalengkong

15. Ratusan ribu WNI juga memenuhi halaman TPS Town Hall, Sydney, Australia pada Sabtu (13/4). Ramai abis.

nyoblos di luar negeri suasana © 2019 brilio.net-foto: Twitter/@juanvittoriou

RECOMMENDED BY EDITOR