Brilio.net - Beberapa hari belakangan ini, di berbagai media baik cetak, elektronik maupun media sosial sedang ramai aksi kader Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) di depan gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Mereka berdemo menuntut permintaan maaf dan tuntutan mundur salah seorang petinggi KPK yang dianggap melecehkan HMI.

Ngomongin tentang HMI, organisasi mahasiswa tertua ini punya banyak sekali alumni yang sukses di berbagai bidang. Salah satu yang menonjol adalah bidang politik. Nah, berikut brilio.net rangkum 15 alumni HMI yang sukses berkiprah di dunia politik, Kamis (12/5):

1. Jusuf Kalla.

Wakil Presiden Jusuf Kalla adalah salah satu alumni HMI yang paling sukses di dunia perpolitikan Indonesia. Mantan ketua HMI Makassar ini sudah pernah menjabat berbagai jabatan tinggi seperti menteri hingga dua kali jadi Wakil Presiden.

2. Akbar Tandjung.

Politisi senior ini pernah menjadi ketua PB HMI periode 1971-1974 saat masih kuliah di Universitas Indonesia. Dirinya juga beberapa kali menjabat sebagai menteri di era Kepemimpinan Presiden Suharto.

3. Abdullah Hehamahua.

Mantan ketua Komite Etik KPK yang punya penampilan khas ini pernah menjadi Ketua PB HMI tahun 1978-1981.

4. Mahfud MD.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi yang juga Guru Besar Hukum Tata Negara di Universitas Islam Indonesia ini aktif di HMI sejak tahun 1978. Kini dirinya didapuk menjadi Ketua Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) sejak 2012 lalu.

5. Anas Urbaningrum.

Anas Urbaningrum sebelum terjerat kasus korupsi adalah seorang politisi hebat. Dia pernah menjadi anggota KPU pada 2004. Dirinya juga ditarik masuk Partai Demokrat dan terpilih menjadi anggota DPR RI tahu 2009 lalu. Kareirnya menanjak dan sukses menjadi ketua umum Partai Demokrat pada 2010. Ia adalah mantan ketua PB HMI tahun 1997.

Kamu kenal mereka? KLIK NEXT untuk melanjutkan.

2 dari 2 halaman


6. Zulkifli Hasan.

Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) yang juga Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) ini adalah salah satu alumni HMI. Pernah menjadi Menteri Kehutanan pada masa kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

7. Husni Kamil Manik.



Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) sejak tahun 2012 ini adalah anggota HMI saat berkuliah di Universitas Andalas, Padang, Sumatera Barat.

8. Ade Komaruddin.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) ini adalah mantan ketua HMI Cabang Ciputat saat kuliah di IAIN Syarif Hidayatullah. Karier politiknya dimulai saat terpilih jadi anggota DPR RI dari Partai Golkar.

9. Anies Baswedan.

Semasa kuliah di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Anies yang sekarang menjadi Menteri Pendidikan dan kebudayaan adalah anggota HMI yang tergabung dalam Majelis Penyelamat Organisasi (MPO).

10. Irman Gusman.

Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia tiga periode (2004-2009, 2009-2014, 2014-2019) adalah anggota HMI Cabang Jakarta pada tahun 1981.