Calon jamaah haji sedikit demi sedikit berangkat menuju Saudi Arabia, bagi jamaah haji reguler yang telah melunasi BPIH akan mendapatkan 3 buah tas dari pihak penerbangan yaitu koper besar, tas tentengan dan tas paspor. Ketiga tas ini yang nantinya hanya boleh di bawa calon jamaah haji ketika berangkat ke Tanah Suci dan tidak diperbolehkan membawa tas tambahan lainnya.

Berat maksimum untuk koper besar adalah 32 kg, koper ini nantinya akan masuk ke bagasi pesawat sedangkan tas tentengan dapat dibawa ke dalam kabin pesawat dengan berat maksimum 5 kg. Sebaiknya calon jamaah haji membawa barang bawaan yang seperlunya saja agar tidak membebani diri sendiri.

Tidak sedikit dari jamaah haji yang sengaja membawa barang yang dilarang, petugas imigrasi di asrama haji akan memeriksa barang bawaan jamaah haji. Jika ditemukan barang yang terlarang untuk di bawa akan di keluarkan oleh petugas. Inilah beberapa barang terlarang yang tak jarang dijumpai ditemukan di koper jamaah haji.

Cutter, pisau dapur dan gunting kecil, dan obat-obatan untuk keperluan sendiri yang sudah didaftarkan via petugas kesehatan saat di asrama haji.dapat dibawa tetapi dimasukkan ke dalam koper besar, semua barang yang dibutuhkan saat ini dapat diperoleh dengan mudah di Arab Saudi, sehingga jamaah cukup membawa uang atau kartu ATM logo VISA.