Nasib negara yang kalahkan Argentina di laga perdana Piala Dunia

Nasib negara yang kalahkan Argentina di laga perdana Piala Dunia

Brilio.net - Argentina merupakan salah satu negara yang unggul dalam bidang sepak bola. Di benua Amerika Latin, Argentina menjadi negara kedua setelah Brasil yang mendominasi olahraga si kulit bundar ini.

Di ajang Piala Dunia, Timnas Argentina pernah juara dua kali pada edisi 1978 dan 1986. Pencapaiannya di turnamen sepak bola terbesar juga tak bisa dianggap remeh. Sejak Piala Dunia diadakan para 1930 silam, Argentina sudah tiga kali menjadi runner up.

Negara ini tak pernah berhenti menghasilkan bakat hebat di sepak bola. Mulai dari Mario Kempes, Diego Maradona, hingga kini mega bintang mereka Lionel Messi. Selain itu ada juga deretan pemain yang tak kalah hebatnya.

Namun, sebagai tim unggulan di Piala Dunia, Argentina kerap menemui nasib sial. Ketika menjalani laga perdana, La Albicelestes beberapa kali mengalami kekalahan secara mengejutkan.

Seperti yang terjadi baru-baru ini. Pada pertandingan perdana di grup C Piala Dunia 2022, Argentina harus menerima kekalahan dari Arab Saudi dengan skor 2-1. Sempat unggul di babak pertama, di babak kedua Arab Saudi secara mengejutkan mampu melesakkan dua gol ke gawang Emiliano Martinez.

Messi dkk pun seperti kehabisan akal untuk mampu membalas ketertinggalan. Alhasil, pertandingan berakhir dengan kemenangan Arab Saudi atas Argentina.

Nyatanya, kalah di laga perdana Piala Dunia bukanlah kali pertama dialami oleh Argentina. Tim Tango ini pernah beberapa kali kalah di laga perdana.

Kira-kira, bagaimana nasib negara-negara yang mengalahkan Argentina di laga perdana Piala Dunia? dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Jumat (25/11), berikut ulasannya.

1. Piala Dunia 1958: Jerman Barat 3-1 Argentina.

Nasib negara yang kalahkan Argentina di laga perdana Piala Dunia

foto: dfb.de

Piala Dunia 1958 adalah edisi turnamen yang diadakan di Swedia. Di perhelatan ini, Argentina kembali tampil setelah tiga edisi menyatakan mundur tidak berpartisipasi. Argentina harus menghadapi Jerman Barat di laga perdana keduanya di grup A.

Argentina kalah dengan skor 3-1 kala itu. Jerman berhasil mencuri poin dan sampai akhir babak grup, Der Panzer berhasil lolos dan bahkan melaju hingga semifinal sebelum kalah dari tuan rumah Swedia.

2. Piala Dunia 1974: Polandia 3-2 Argentina.

Nasib negara yang kalahkan Argentina di laga perdana Piala Dunia

foto: fifa.com

Di turnamen ini, Argentina berada di grup D dan melakukan pertandingan pertamanya menghadapi Polandia. Pertandingan ini berjalan sengit. Namun di akhir pertandingan Argentina harus takluk dengan skor 2-3 untuk kemenangan Polandia.

Polandia sendiri berhasil lolos ke dari fase grup dan sampai akhir turnamen berhasil finis sebagai juara ketiga.

3. Piala Dunia 1982: Belgia 1-0 Argentina.

Nasib negara yang kalahkan Argentina di laga perdana Piala Dunia

foto: Twitter/@Football__Tweet

Piala Dunia yang diselenggarakan di Spanyol ini mempertemukan Argentina vs Belgia Di laga perdana. Di turnamen ini, Argentina datang dengan status juara bertahan setelah berhasil merengkuh trofi emas empat tahun sebelumnya pada 1978.

Bertemu Belgia, juara bertahan ini justru takluk dari De Rode dengan skor 1-0. Belgia sendiri berhasil lolos dari fase grup namun gagal lolos ke fase selanjutnya karena gugur di fase babak grup kedua.

4. Piala Dunia 1990: Kamerun 1-0 Argentina.

Nasib negara yang kalahkan Argentina di laga perdana Piala Dunia

foto: fifa.com

Piala Dunia 1990 di Italia, Argentina juga datang sebagai juara bertahan setelah pada 1986, Maradona dkk berhasil merebut gelar juara tersebut untuk kedua kalinya.

Di laga perdana, Argentina harus melawan tim debutan asal Afrika, Kamerun. Bukannya menang, Argentina justru keok dengan skor tipis 1-0 di akhir laga. Sebagai negara debutan, Kamerun pun mampu melesat maju sampai babak perempat final.

(brl/lin)