Momen kontroversial sepanjang sejarah Piala Dunia, Suarez gigit lawan

Momen kontroversial sepanjang sejarah Piala Dunia, Suarez gigit lawan

Pertempuran Santiago (Piala Dunia 1962 Chili)

2. Pertempuran Santiago (Piala Dunia 1962 Chili)

Momen kontroversial sepanjang sejarah Piala Dunia, Suarez gigit lawan

foto: historyofsoccer.info

Piala Dunia 1962 di Chili, bisa jadi adalah Piala Dunia paling brutal sepanjang sejarah. Kala itu, peraturan kartu kuning belum terlalu dihiraukan oleh para pemain.

Salah satu momen brutal ada pada pertandingan Timnas Italia kontra Chili. Melawan tim tuan rumah, Azzuri tak sungkan untuk menunjukkan permainan kasar.

Pelanggaran pertama terjadi hanya 12 detik pertama. Sedangkan kartu merah pertama dikeluarkan setelah 12 menit, ketika Giorgio Ferrini dikeluarkan dari lapangan, meskipun ia awalnya menolak untuk pergi.

Pemain sayap Chili Leonel Sanchez kedapatan meninju bek sayap Italia Mario David, yang kemudian keduanya diusir keluar lapangan karena Mario juga membalas.

Pemain Italia lainnya harus ditandu lantaran hidung patah. Pertandingan itu juga sempat terjadi insiden perkelahian massal sehingga polisi sampai turun tangan sampai tiga kali. Pertandingan ini diakhiri dengan kemenangan Chili dengan skor 2-0.

3. Pertempuran Nuremberg (Piala Dunia 2006 Jerman)

Momen kontroversial sepanjang sejarah Piala Dunia, Suarez gigit lawan

foto: YouTube/FIFA

Pada Piala Dunia tahun 2006, Belanda dan Portugal terlibat dalam sebuah pertandingan yang kemudian disebut sebagai Pertempuran Nuremberg.

Pertandingan berlangsung sengit dan keras sejak awal. Kartu kuning pertama datang di menit kedua kepada pemain Portugal. Selanjutnya Cristiano Ronaldo sampai harus ditandu keluar lapangan karena berkali-kali dijegal para pemain Belanda.

Sampai akhir pertandingan, ada empat kartu merah dan 16 kartu kuning dikeluarkan oleh wasit. Sebuah rekor kartu terbanyak yang dikeluarkan sepanjang sejarah pertandingan Piala Dunia.

4. Gol Tangan Tuhan Diego Maradona (Piala Dunia 1986 Meksiko)

Momen kontroversial sepanjang sejarah Piala Dunia, Suarez gigit lawan

foto: Twitter/@vanbarukering

Ketika kamu memikirkan momen Piala Dunia yang paling kontroversi, nama mendiang Diego Armando Maradona pasti menjadi yang teratas di ingatan. Tidak diragukan lagi, Diego Maradona adalah pemain cemerlang yang tidak terbendung pergerakannya pada Piala Dunia 1986.

Namun, pemain bertubuh gempal tersebut juga melakukan kontroversi terbesar dalam sejarah sepak bola. Hal itu terjadi kala Argentina bermain di perempat final melawan Inggris.

Bermain dengan permainan yang sangat sengit antara kedua tim, tiba-tiba pertandingan tersebut dikagetkan oleh aksi sundulan tangan Maradona yang mengarah masuk ke gawang INggris yang saat itu dijaga Peter Shilton. Tayangan ulang mengkonfirmasi bahwa Maradona telah meninju bola ke gawang, tetapi wasit tidak melihatnya.

Namun wasit tetap mengesahkan gol tersebut membuat Argentina unggul 1-0. Meskipun akhirnya Maradona mampu menggandakan keunggulan dengan gol cantiknya. Momen pertandingan tersebut bisa dibilang dendam Inggris seumur hidup atas Tim Tango Argentina.

Kemarahan Inggris tidak dapat diredakan ketika Diego Maradona kemudian menyebut insiden itu sebagai 'Tangan Tuhan'.

5. Tandukan Kepala Zinedine Zidane (Piala Dunia 2006 Jerman)

Momen kontroversial sepanjang sejarah Piala Dunia, Suarez gigit lawan

foto: givemesoccer.com

Maestro sepak bola asal Prancis Zinedine Zidane, menutup karir sepak bolanya dengan kontroversial. Piala Dunia terakhir yang ia mainkan di 2006, justru menjadi momen terburuk sepanjang karir bintang Real Madrid ini.

Timnas Prancis berhasil menembus final dan ditantang Italia sebagai lawan terakhir dalam memperebutkan gelar Piala Dunia. Pertandingan berlangsung alot. Jual beli serangan, dan adu taktik terjadi pada pertandingan yang digelar di kota Berlin ini.

Momen tersebut dimulai ketika Zidane terlibat perbincangan dengan pemain belakang Italia, Marco Materazzi. Setelah perbincangan singkat itu, Zidane tampak mendahului langkah Materazzi namun kemudian berbalik dan menghantamkan kepalanya ke dada pemain Internazionale Milan ini.

Wasit tak melihat insiden itu. Namun setelah berkonsultasi dengan asistennya, wasit langsung memberi kartu merah kepada Zidane dan mengusirnya keluar lapangan. Belakangan diketahui, Zidane tersulut emosi ketika Materazzi menghina keluarganyadengan sebutan pelacur.

(brl/lea)