Gol kontroversi Jepang pastikan Jerman tersingkir di Piala Dunia 2022

Gol kontroversi Jepang pastikan Jerman tersingkir di Piala Dunia 2022

Brilio.net - Timnas Jerman dipastikan gagal lolos ke fase knockout Piala Dunia 2022. Kegagalan Tim Panser ini menyusul hasil akhir pertandingan antara Jepang vs Spanyol yang berakhir 2-1 untuk Tim Negeri Sakura tersebut. Hasil ini membuat Jepang menjadi juara grup E, disusul Spanyol yang jadi runner up grup setelah menang selisih gol dari Jerman.

Di pertandingan terakhir, Jerman menang melawan Kosta Rika dengan skor 4-2, Jumat (2/12) dini hari. Empat gol Jerman dicetak oleh Serge Gnabry (10'), Kai Havertz (73', 85'), dan Niclas Fullkrug (89'). Kosta Rika memperkecil kedudukan melalui aksi Yeltsin Tejeda (58') dan Juan Pablo Vargas (70').

Tersingkirnya Jerman di babak grup Piala Dunia 2022 ini membuat publik sepakbola terkejut. Pasalnya, juara dunia empat ini digadang-gadang bakal jadi pesaing kuat di Piala Dunia kali ini. Kendati demikian, hasil mengejutkan justru diraih skuad Manuel Neuer tersebut.

Gol kontroversi Jepang pastikan Jerman tersingkir di Piala Dunia 2022

foto: Twitter/@idextratime

Kekalahan Spanyol atas Jepang di detik-detik terakhir pertandingan Grup E ini menjadi pemupus harapan Jerman untuk masuk ke babak 16 besar. Jepang berhasil melesakkan gol kedua yang membungkam Spanyol sekaligus memastikan Jerman tak berhasil lolos. Kendati demikian, gol kedua ini menjadi kontroversi lantaran banyak yang menilai gol tersebut tidak sah.

Publik menilai bola sudah terlebih dulu out sebelum bersarang ke gawang Timnas Spanyol. Gol kedua ini dicetak oleh Ao Tanaka usai memanfaatkan umpan tipis dari Kaoru Mitoma yang bolanya sudah terlihat keluar lapangan. Umpan jauh ke sisi kiri pertahanan Spanyol disambut Mitoma yang membuat umpan tarik dari sisi sempit.

Gol kontroversi Jepang pastikan Jerman tersingkir di Piala Dunia 2022

foto: Twitter/@idextratime

Dalam tayangan lambat, bola sudah terlihat keluar lapangan sebelum disambar Tanaka yang berada persis di mulut gawang. Wasit kemudian mengecek VAR cukup lama, sebelum akhirnya VAR mengesahkan gol tersebut dan meyakini bola belum keluar lapangan sepenuhnya.

Meskipun banyak yang mempertanyakan keabsahan gol tersebut, namun akhirnya tetap dihitung disahkan wasit. Jepang pun menang 2-1 atas Spanyol dan memastikan diri jadi juara Grup E dengan mengemas 6 poin mengungguli Spanyol dan Jerman.

(brl/ola)