Daftar Piala Dunia dengan adu penalti paling sedikit hingga terbanyak

Daftar Piala Dunia dengan adu penalti paling sedikit hingga terbanyak

Brilio.net - Salah satu drama yang sangat menegangkan dalam pertandingan sepak bola adalah adu penalti. Adu penalti, atau lebih tepat disebut adu tendangan penalti, merupakan cara dipakai untuk menentukan pemenang dalam sebuah pertandingan sepak bola yang yang mengalami kebutaan karena kedua tim yang bertanding tetap sama kuat sampai pertandingan telah usai.

Pertandingan yang alot itu pada akhirnya harus diselesaikan dengan kemenangan/kekalahan, tidak bisa seri. Adu penalti dilakukan setelah pertandingan berlangsung 90 menit dan dilanjutkan dengan 2 kali 15 menit perpanjangan waktu namun keadaan masih seri.

Biasanya cara ini dipergunakan pada sistem gugur. Walaupun pelaksanaannya mirip, adu penalti dilakukan mengikuti peraturan yang berbeda dari tendangan penalti. Hasil dari adu penalti tidak dimasukkan dalam perhitungan skor (jadi keadaan tetap seri), ia hanya digunakan untuk menentukan pemenang.

Nah, dalam perhelatan Piala Dunia sendiri, drama adu penalti sendiri sudah banyak dilakukan untuk menentukan pemenang bagi dua tim yang berakhir di akhir pertandingan.

Nah, dirangkum brilio.net pada Senin (7/11) dari berbagai sumber, berikut daftar Piala Dunia dengan adu penalti paling sedikit dan terbanyak.

(brl/far)