Daftar pemain Timnas Belanda keturunan Indonesia di Piala Dunia

Daftar pemain Timnas Belanda keturunan Indonesia di Piala Dunia

Brilio.net - Piala Dunia 2022 akan mengikutsertakan Timnas Belanda sebagai salah satu peserta. Kehadiran Belanda di Piala Dunia Qatar kali ini menjadi titik kembalinya pasukan Oranye ini di kancah dunia setelah sempat absen di Piala Dunia 2018, 4 tahun lalu.

Belanda gagal berangkat ke Rusia setelah terseok-seok di fase kualifikasi yang membuat mereka gagal tampil di pentas sepak bola dunia tersebut. Namun, kali ini Belanda telah bersiap untuk berangkat ke Qatar untuk kembali unjuk gigi di hadapan jutaan pasang mata yang menyaksikannya.

Namun, tahukah kamu? Dari sekian banyak pemain Timnas Belanda di Piala Dunia sejak dulu, ada nama-nama pemain yang ternyata merupakan keturunan Indonesia. Hal ini tak jauh karena hubungan erat antara Indonesia dan Belanda selama ratusan tahun.

Nah, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Jumat (21/10), ini dia daftarnya.

John Heitinga.

Daftar pemain Timnas Belanda keturunan Indonesia di Piala Dunia

foto: Instagram/@johnheitinga

Pada daftar pertama ada nama John Heitinga. Diketahui jika pemain bertahan Belanda tersebut memiliki darah Indonesia dari pihak ayah dan kakeknya. Gelandang bertahan ini masuk dalam skuad Belanda pada Piala Dunia 2010.

John Heitinga semasa kariernya pernah memperkuat Ajax Amsterdam, Atletico Madrid, Everton dan Fulham. Bersama tim De Oranje, dia telah mencatatkan 10 caps.

Nigel de Jong.

Daftar pemain Timnas Belanda keturunan Indonesia di Piala Dunia

foto: Twitter/@classicshirts

Nigel de Jong adalah pemain tengah andalan Belanda ketika mereka berlaga di Piala Dunia 2010 yang diadakan di Afrika Selatan. Dirinya ternyata punya darah keturunan Indonesia dari ibunya yang berasal dari Maluku. Sama seperti Heitinga, De Jong berhasil membawa skuad De Oranje lolos ke partai final Piala Dunia 2010 menghadapi Spanyol.

(brl/tin)