5 Timnas generasi emas yang gagal total di Piala Dunia, Belgia menangis di Qatar 2022

5 Timnas generasi emas yang gagal total di Piala Dunia, Belgia menangis di Qatar 2022

Brilio.net - Piala Dunia memang kerap menyajikan fakta-fakta menarik. Dari mulai fakta unik, sampai fakta ironi yang pernah terjadi di pesta bola empat tahunan ini. Pada setiap edisinya, Piala Dunia selalu diikuti oleh salah satu kontestan unggulan yang diisi oleh pemain-pemain bintang.

Tim tersebut dianggap sebagai generasi emas negaranya, yang digadang-gadang akan mampu menjuarai Piala Dunia. Namun, lain diprediksi, lain juga kenyataan yang terjadi. Banyak kontestan unggulan di Piala Dunia yang justru harus menerima kenyataan mereka gagal meraih hasil maksimal.

Meski diisi oleh deretan bintang dan pesepak bola berbakat, tim tersebut harus pulang lebih dulu dari Piala Dunia lantaran tersingkir sebelum mencapai babak final. Nah, kali ini dirangkum brilio.net pada Kamis (8/11) dari berbagai sumber, simak lima Timnas generasi emas yang gagal total di Piala Dunia.

1. Hungaria

5 Timnas generasi emas yang gagal total di Piala Dunia, Belgia menangis di Qatar 2022

foto: Twitter/@FIFAWorldCup

Pada dekasi 1950-an, Hongaria adalah negara yang sangat kuat dalam sepak bola. Timnas mereka adalah timnas terkuat di Eropa. Salah satu legenda yang dikenal di Timnas Hungaria era itu adalah Ferenc Pusks dan Sndor Kocsis.

Timnas Hungaria berhasil memenangkan medali emas pada cabang olahraga sepak bola pada Olimpiade 1952. Hebatnya lagi antara tahun 190 sampai 1956, Timnas Hungaria hanya kalah satu kali.

Kekalahan tragis itu justru harus mereka alami di pertandingan final Piala Dunia 1954. Padahal, Hongaria yang sangat digdaya dengan selalu menang dengan skor besar dari babak awal hingga tembus ke final.

Namun, di final yang yang diselenggarakan di kota Bern, Swiss, ini justru jadi momen sial buat Timnas Hungaria. Berhasil unggul dua gol di awal laga, Hungaria justru harus takluk ketika Jerman Barat berhasil membalikkan keadaan dengan skor 2-3 untuk kemenangan Der Panzer.

(brl/lea)