5 Gol paling kontroversi di Piala Dunia, gol Jepang jadi polemik di Qatar 2022

5 Gol paling kontroversi di Piala Dunia, gol Jepang jadi polemik di Qatar 2022

Brilio.net - Sengitnya persaingan di setiap pertandingan sepak bola membuat begitu banyak momen kontroversial di dalamnya. Mulai dari pelanggaran kontroversi, aksi kontroversi dan juga gol yang menuai pro dan kontra.

Gol kontroversi memang menjadi momok bagi tim yang sedang menjaga momentum agar mampu meraih kemenangan. Ketika salah satu tim berhasil mencetak dengan cara yang kontroversi, tim lawannya akan tertekan secara mental dan begitu pula terjadi sebaliknya.

Nah, kali ini kamu bisa mengetahui daftar gol paling kontroversial sepanjang sejarah Piala Dunia versi brilio.net. Dirangkum dari berbagai sumber pada Rabu (14/12), berikut lima ulasannya.

1. Gol "hantu" Geoff Hurst | Inggris vs Jerman Piala Dunia 1966

5 Gol paling kontroversi di Piala Dunia, gol Jepang jadi polemik di Qatar 2022

foto: Twitter/@danredford70

Tuan rumah Inggris mencetak gol kontroversi ke gawang Jerman Barat di babak final Piala Dunia 1966. Kedua tim bermain sengit sepanjang 90 menit dengan bermain sama kuat dengan skor 2-2. Pertandingan pun dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu.

Pada menit ke-103, Geoff Hurst melakukan tembakan jarak dekat di depan gawang yang mengakibatkan bola memantul setelah membentur bagian bawah mistar gawang dan dihalau oleh bek Jerman. Setelah kejadian tersebut, wasit Gottfried Dienst kemudian berbicara dengan asistennya dan kemudian mengesahkan gol tersebut.

Para pemain Jerman tetap bersikeras bahwa bola tidak melewati garis gawang, namun keputusan sudah dibuat. Sayangnya untuk Jerman Barat, Hurst mencetak gol lain di menit ke-120 untuk mengantongi hattrick pertama di final Piala Dunia oleh pemain manapun dan memastikan kemenangan 4-2 yang tegas untuk Inggris.

(brl/lea)