Brilio.net - Melansir penelitian Microsoft pada tahun 2019, sekitar 95% pelanggan memilih setia pada suatu brand jika jenama tersebut memiliki tim customer service yang baik. Hal ini membuktikan performa customer service sangatlah vital dalam keberlangsungan bisnis.

Namun, tantangan customer service ini bisa diatasi dengan berbagai teknologi komunikasi yang mampu memenuhi kebutuhan customer service. Salah satunya ialah WhatsApp Business API, layanan WhatsApp yang dikhususkan untuk bisnis, memfasilitasi kebutuhan customer service bagi perusahaan berskala menengah hingga besar. Hal ini berbeda dengan aplikasi WhatsApp Business biasa yang tersedia di playstore.

Singkatnya, WhatsApp Business API memberikan berbagai kemudahan customer service bagi bisnis. Contohnya seperti penggunaan pesan template yang bisa dikustomisasi berdasarkan kebutuhan hingga integrasi dengan chatbot yang mampu membantu customer service lebih responsif selama 24/7.

Nah layanan WhatsApp Business API ini hanya bisa didapatkan dari mitra resmi Facebook. Di Indonesia salah satunya Wappin, bagian dari SPE Solution, perusahaan fintech yang menyediakan solusi pembayaran digital bagi berbagai bisnis di Indonesia serta telah bersertifikasi ISO 27001 dan PCI DSS.

“Kendala umum yang dialami berbagai bisnis adalah sulitnya menjaga relasi dengan pelanggan, apalagi di masa pandemi. Ada juga bisnis yang sudah memiliki tim customer service, namun terkadang tidak responsif ketika dihubungi pelanggan. Penyebabnya mungkin karena jumlah pelanggan yang sangat banyak atau solusi yang digunakan kurang tepat. Wappin berusaha menyediakan solusi untuk kebutuhan ini,” ungkap Rico L Simarmata, CEO SPE Solution.

Whatsapp Bisnis © 2021 brilio.net

Menurut Wappin, kebutuhan customer service tidak hanya terletak pada penyediaan layanan bantuan kepada customer suatu bisnis, namun juga ketersediaan bantuan bagi tim customer service itu sendiri. Inilah yang mendorong Wappin untuk menyediakan layanan bantuan 24/7 bagi pelanggannya, tanpa pungutan biaya.

Selain itu, langkah Wappin bermitra dengan Facebook guna menyediakan teknologi komunikasi bisnis melalui WhatsApp bertujuan untuk menghadirkan solusi yang dibutuhkan customer service saat ini.

Sebabnya, WhatsApp adalah teknologi komunikasi yang paling banyak digunakan di Indonesia. Dengan menghadirkan solusi komunikasi bisnis melalui WhatsApp, Wappin tidak hanya menawarkan kemudahan bagi pelanggannya, namun juga kemudahan bagi pelanggan dari pelanggannya.

Hingga saat ini, teknologi dan layanan Wappin sudah digunakan beragam jenis industri, mulai dari pendidikan, kesehatan, perbankan, manufaktur, IT, pariwisata, hingga lembaga pemerintahan.