Brilio.net - Belanja bulanan untuk kebutuhan rumah tangga memang terkesan simpel dan menyenangkan. Sekilas, kamu hanya cukup datang membawa uang ke supermarket terdekat. Nah, terkadang pengeluaran belanja bulanan jadi membengkak lantaran "lapar mata" dengan aneka barang yang tersedia.

Nah, agar terhindar dari meledaknya budget untuk groceries atau kebutuhan bulanan, maka penting sekali untuk merencanakan dan menghitung anggaran belanja bulanan dengan rinci. Dengan begitu uang belanja bulanan dapat digunakan dengan efektif tanpa tergiur diskon.

Tidak hanya itu saja loh, terdapat beberapa rahasia dari Bukalapak untuk mengatasi pembengkakan belanja bulanan yang telah brilio.net himpun dari berbagai sumber, Jumat (22/4).

1. Membuat daftar belanjaan.

Tips atasi pembengakakan belanja bulanan © berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Salah satu kesalahan yang kerap dilakukan saat belanja bulanan yakni tidak membawa catatan daftar belanjaan. Alhasil, saat tiba di supermarket kalap berbelanja tanpa mempertimbangkan skala prioritas.

Membuat daftar belanjaan ini penting loh. Sebelum pergi untuk belanja bulanan, catat semua barang belanjaan yang hendak dibeli secara rinci. Karena jika tidak membuat list belanjaan, akan dengan mudah tertarik untuk membeli barang apa saja.

Setelah membuat daftar belanja, atur barang mana saja yang diprioritaskan untuk dibeli terlebih dahulu agar tidak bolak-balik dari satu toko ke toko lainnya. Jadi, pastikan untuk membeli barang yang sesuai dengan kebutuhan dan tercatat di daftar belanja.

2. Perhatikan diskon dengan teliti.

Tips atasi pembengakakan belanja bulanan © berbagai sumber

foto:shutterstock.com

Bisanya di supermarket terdapat rak khusus untuk barang-barang diskon. Nah, kamu dapat menghemat pengeluaran belanja bulanan dengan membeli produk diskon. Jangan lantas membeli barang hanya karena sedang obral besar-besaran. Sekilas, mungkin membeli barang dalam jumlah besar bisa menghemat uang, tetapi kenyataanya tidak selalu seperti itu.

Jangan sampai kamu terperangkap ke dalam promo diskon. Jika melihat diskon besar, pertimbangkan kembali apakah produk tersebut sangat dibutuhkan. Sebaiknya jangan membeli jika memang tidak terdapat dalam daftar belanjaan. Jangan sampai nantinya barang yang sudah dibeli justru berakhir sia-sia dan membuat uang terbuang percuma.

3. Cek kualitas produk.

Tips atasi pembengakakan belanja bulanan © berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Berkeliling setiap rak di supermarket, mengamati berbagai pilihan produk, dan memutuskan produk mana yang dibeli dan tidak tentu menjadi salah satu kegiatan menyenangkan. Namun jangan sampai lupa mengecek kualitas produk yang akan dibeli.

Untuk mendapatkan produk berkualitas tinggi kamu tidak perlu membeli dengan merek terkenal. Kamu bisa membeli barang dengan kualitas yang sama baiknya dengan barang bermerk tapi dengan harga yang lebih murah. Jangan ragu mencoba produk baru karena siapa tahu produk tersebut sedang diskon atau harganya memang lebih murah tapi kualitasnya sama dengan produk yang biasa.

Hal utama yang harus diperhatikan saat berbelanja yakni memerhatikan masa kadaluwarsa suatu produk. Hindari barang yang akan kadaluwarsa dengan harga promo yang ditawarkan.

4. Buat planning yang tepat.

Tips atasi pembengakakan belanja bulanan © berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Membuat perencanaan terkait makanan apa yang akan dimasak dan untuk berapa orang juga penting. Dengan begitu, bisa mengetahui pola belanja bulanan dan bisa menentukan barang apa saja yang akan dibeli. Apakah membeli barang dalam jumlah besar atau membeli seperlunya saja untuk menghemat uang.

Dengan planning yang tepat, kegiatan belanja bulanan akan lebih tertata. Pastikan juga kamu sudah hafal kisaran harga untuk barang kebutuhan sehari-hari. Belanja cepat, efektif, dan hemat memang membutuhkan komitmen yang kuat dan fokuslah ke planning yang sudah dibuat.

Nah beberapa rahasia di atas dapat kamu lakukan untuk menghindari pembengkakan saat belanja bulanan. Untuk mempermudah urusan belanja kebutuhan bulanan percayakan saja pada Allofresh.

Kamu bisa belanja berbagai kebutuhan keluarga dengan cara yang praktis di Allofresh. Ada banyak pilihan dan semua hanya dalam satu genggaman. Nggak perlu repot karena semua barang belanjaan yang sudah dibeli di Allofresh akan langsung dikirim kerumah loh. Selamat berbelanja!

(brl/lak)

RECOMMENDED BY EDITOR

(brl/lak)