Brilio.net - Pandemi mengubah aneka kebiasaan masyarakat termasuk kebutuhan finansial. Salah satu kebiasaan yang berubah adalah transaksi yang dulunya umum lewat teller bank, kini menjadi digital. Ini merupakan hasil adaptasi dari new normal yang mengharuskan masyarakat untuk menjaga jarak dan meminimalisir kontak langsung dengan orang lain.

Perubahan tersebut juga yang menjadi pemantik bagi para start-up fintech untuk menghadirkan sebuah aplikasi yang dapat memudahkan proses transaksi di kalangan konsumen. Salah satunya adalah Bank Jago yang merilis aplikasi Jago sebagai sebuah solusi untuk mengelola keuangan secara digital dengan mudah.

Berangkat dari pengalaman transaksi yang cukup rumit karena harus berpindah dari aplikasi satu ke aplikasi lainnya, Bank Jago membuat all in one aplikasi yang dapat memudahkan sekaligus membantu konsumen mengelola keuangannya.

Sebagai bank berbasis teknologi, aplikasi Jago dirancang khusus sebagai life-centric finance solution yang membuat pengelolaan uang menjadi lebih mudah, kolaboratif, dan inovatif. Jago menempatkan aspek hidup sebagai prioritas utama dan keuangan sebagai prioritas selanjutnya.

Melihat permasalahan finansial yang dialami oleh sebagian besar masyarakat Indonesia dalam merencanakan, meninjau, dan konsisten dalam mengelola keuangan, Bank Jago hadir dengan layanan keuangan yang tidak hanya tersedia untuk individual, melainkan dapat berkolaborasi dengan keluarga dan teman terdekat untuk mengatur keuangan.

"Kita ingin meningkatkan kesempatan berjuta insan agar mereka dapat bertumbuh dan fokus dengan kehidupan dengan menjadi bank yang berbasis teknologi karena kita sadar bahwa masyarakat Indonesia kini telah banyak beralih menggunakan transaksi secara digital," ujar Head of Sustainability Bank Jago, Andy Djiwandono dalam acara Media Experience pada Kamis (9/6).

Demi meningkatkan kesempatan bertumbuh melalui solusi finansial digital yang fokus pada kehidupan, Bank Jago memiliki tiga aspek penting yang meliputi Life Finance Solution (LFS) yang berfokus pada kehidupan dan konsumen dengan memberikan pilihan akun konvensional dan syariah, Merchant Finance Solution (MFS) yang berfokus pada UMKM serta Partnership Business Solution (PBS) dengan pemberian kredit melalui partner.

Bank Jago memberikan solusi finansial yang relevan dengan kehidupan sehari-hari yang mencakup tiga aspek, yaitu memberikan fasilitas administrasi keuangan yang lebih praktis, merencanakan dan menyusun keuangan masa depan serta merencanakan keuangan masa depan bersama keluarga dan teman terdekat.

Dengan aplikasi Jago, konsumen dapat menikmati fasilitas transfer gratis sebanyak 25 kali dalam satu bulan, top-up e-wallet (gratis top up gopay), membayar tagihan, pembayaran dengan kartu debit VISA, melakukan tarik tunai di seluruh dunia, transfer dengan BI Fast serta fitur QRIS yang akan segera hadir.

dewijago dewijago-foto: Bank Jago

Konsumen juga dapat merencanakan keuangan masa depan individual dengan memanfaatkan fitur kantong nabung, saving goals, saving rules, plan ahead sebagai pengingat pembayaran, dan spend analysis untuk memonitor pengeluaran.

"Kantong nabung tidak bisa digunakan untuk transaksi berupa transfer dan tidak bisa ditautkan dengan debit card sehingga langkah ini dapat menjadi proteksi lebih agar uang tabungan tidak terpakai untuk pengeluaran lainnya. Aplikasi Jago juga memiliki fitur tambahan berupa kantong kunci yang dapat diatur selama periode waktu tertentu sehingga risiko uang terpakai lebih kecil," ungkap Head of Product and Customer Value Proporsition Bank Jago, Irene Santoso.

Tak hanya itu, apikasi Jago juga turut memfasilitasi kegiatan guyub yang menjadi ciri khas masyarakat Indonesia melalui fitur Kantong Arisan, merencanakan keuangan masa depan bersama keluarga dan teman dekat melalui fitur Kantong Bersama, Akses keuangan untuk keluarga dan kerabat serta Permintaan dana dan berbagi tagihan.

Seperti yang disinggung di atas, Bank Jago juga mengembangkan fitur dengan beberapa partner seperti Gojek dan Bibit. Bank Jago memberikan fasilitas berupa registrasi Jago yang sepenuhnya telah terintegrasi dengan aplikasi Gojek untuk melakukan top up Gopay dari/ke Jago dengan mudah tanpa dikenakan biaya admin. Bank Jago juga memberikan kemudahan proses investasi maupun pencairan dana yang mudah ke Kantong Jago.

Konsumen dapat menabung secara rutin menggunakan reksadana dari Kantong Jago, mendapatkan notifikasi untuk pencairan dana hasil jual reksadana serta dapat memonitor portfolio investasi dari aplikasi Jago.

Reporter: Dewi Suci Rahmadhani

[crosslink_1]

(brl/lak)