Brilio.net - Setelah sukses menggelar kumpul perdana dengan para Jagoan, kali ini Bank Jago kembali menggelar Kumpul Jagoan dengan topik yang menarik dan dekat dengan anak muda. Bank Jago berkolaborasi bersama Menjadi Manusia, storytelling company yang mewadahi cerita-cerita manusia dan menaruh perhatian terhadap topik kesehatan mental, hadir memberikan pengalaman bagi para Jagoan untuk mengelola keuangan dengan lebih mindful. Acara Kumpul Jagoan kali ini berlangsung di Head Office Bank Jago, Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu (22/10).

Untuk Kumpul Jagoan kali ini Bank Jago mengusung tema “Hadir, Sadar, Terima” yang dimulai dengan breathing exercise oleh Mindfulness & Wellbeing Coach, Raden Prisya. Pada sesi ini, para Jagoan yang hadir belajar mengenai cara berlatih pernapasan yang baik agar senantiasa dalam keadaan sadar. Dengan begitu, harapannya para Jagoan dapat membuat keputusan yang sesuai dengan kebutuhan dan prioritas, salah satunya dalam hal keuangan.

Apa sih Mindful Spending?

Pada kegiatan ini, Raden Prisya, memaparkan materi mengenai Mindful Spending: Relationship with money. “Mindfulness adalah menyadari apa yang sedang kita lakukan saat kita melakukannya. Semua yang kita rasakan, segala sensasi dan perasaan yang muncul adalah bagian dari kita yang tak perlu diusir atau dicari. Semua yang kita butuhkan sudah ada di sini,” tutur Prisya. Praktik mindfulness dapat membantu kita untuk terhindar dari sesuatu yang bersifat impulsif dan tidak sesuai dengan tujuan, termasuk dalam hal keuangan.

Prisya membagikan beberapa tahapan dalam melakukan praktik mindfulness agar para Jagoan dapat mengelola keuangan dengan lebih mindful. “Pertama, tentukan tujuan kita. Tujuan ini dapat dilihat melalui kebutuhan hidup kita mulai dari kesehatan fisik, makna dan emosi, hubungan, manajemen waktu, misi hidup, keuangan, serta hubungan dengan Tuhan. Kedua, jadilah manusia yang kreatif dan tidak menghabiskan banyak uang dalam satu waktu. Ketiga, lebih selektif dalam menggunakan uang agar terhindar dari penggunaan yang keliru, seperti untuk sesuatu yang bersifat kesombongan atau balas dendam,” ujar Prisya. Dengan begitu, para Jagoan dapat menentukan goals atau tujuan keuangan yang baik di masa depan. 

mindful spending bank jago © berbagai sumber

foto: Bank Jago/Mindfulness & Wellbeing Coach, Raden Prisya

“Di sini kita belajar untuk mengetahui finansial seperti apa yang dibutuhkan oleh kita untuk kemudian bisa mulai hadir sebagai sebagai diri sendiri agar kita berpikir jernih. Untuk dapat menyadari pentingnya berpikir jernih dibutuhkan latihan yang disebut dengan mindfulness atau latihan kesadaran. Dalam menjalani latihan, teman-teman juga akan trial dan error. Jadi kita sama-sama belajar dengan diri kita.” tambahnya.

Di akhir sesi workshop, Prisya mengatakan bahwa sesungguhnya petunjuk selalu ada di dalam diri kita dan kita hanya perlu mendengarkan dan sungguh-sungguh dalam mengambil keputusan. “Yang perlu kita lakukan adalah slow down dan sungguh-sungguh mengambil waktu serta mempelajari cara mendengarnya,” pungkasnya.

Adakah solusinya?

Pada kesempatan yang sama, Brand Communication Manager Bank Jago, Muhammad Pandu mengungkapkan bahwa aplikasi Jago memiliki beberapa fitur yang dapat membantu para Jagoan agar lebih mindful dalam mengatur keuangan.

mindful spending bank jago © berbagai sumber

foto: Bank Jago /Brand Communication Manager Bank Jago, Muhammad Pandu

“Salah satu fitur yang bisa dimanfaatkan adalah Analisis Pengeluaran. Setiap teman-teman  bertransaksi dengan akun Jago, itu secara otomatis akan dicatat dan dikategorikan oleh Jago. Yang mana transfer, yang mana shopping, mana yang untuk keluarga, dan lain-lain. Jadi setiap akhir bulan bisa dilihat berapa persen pengeluaran teman-teman untuk masing-masing kategori tersebut dan perbandingan dengan bulan sebelumnya, sehingga bisa membantu teman-teman untuk lebih mindful dalam mengeluarkan uang,” ujar Pandu. Harapannya dengan mengetahui pengeluaran setiap bulan, para Jagoan dapat mengetahui prioritas pengeluaran dan menjadi lebih mindful ketika mengeluarkan uang.

Tak hanya itu, aplikasi Jago juga memiliki fitur lainnya, yaitu kantong jago. Setiap kantong dapat dipersonalisasi sesuai dengan tujuan keuangan masing-masing. Dengan fitur ini, para Jagoan dapat membuat kantong bersama untuk mencapai tujuan bersama, seperti tabungan bersama dengan pasangan atau keluarga. Harapannya, fitur ini dapat menjadi pengingat bagi para Jagoan agar tidak mengeluarkan uang secara impulsif karena ada tujuan keuangan yang ingin dicapai.

Upload_kv_jago Upload_kv_jago

foto: Bank Jago

Terakhir, aplikasi Jago juga memiliki fitur kantong terkunci. Fitur ini dapat digunakan untuk menyimpan uang dalam periode tertentu sehingga uang tersebut tidak bisa diambil sebelum periode waktu yang ditentukan dan bunganya akan lebih tinggi. Fitur ini dapat membantu disiplin para Jagoan agar lebih disiplin dalam mengelola keuangan.

“Inti dari kantong Jago ini adalah setiap uang kita hubungkan ke satu tujuan sehingga saat buka aplikasi kita jadi ingat tujuan kita apa. Jadi, fitur yang ada di aplikasi Jago ini bisa mengingatkan teman-teman untuk lebih bijak ketika ingin spending money,” tambah Pandu.

(brl/lak)

RECOMMENDED BY EDITOR

(brl/lak)