Brilio.net - Di era yang serba digital ini tentu banyak aktivitas yang dapat dilakukan secara online. Salah satunya adalah urusan mengirim atau transfer uang. Untuk melakukan pengiriman uang secara online yang diperlukan hanya rekening penerima.

Saat melakukan transfer uang ke bank berbeda maka memerlukan kode transfer bank yang terdiri dari tiga digit angka yang berfungsi sebagai identitas setiap bank dan juga untuk meminimalisir risiko salah kirim.

Selain itu, salah satu kendala dalam transfer uang dengan bank berbeda akan dikenakan biaya tambahan sebagai biaya admin dan tentunya diambil dari rekening pengirim. Biasanya kita akan dikenakan biaya sebesar Rp 6.500 tapi ada beberapa bank yang biaya adminnya sudah turun menjadi sebesar Rp 2.500.

Tidak perlu khawatir, kini transfer uang ke bank berbeda dapat dilakukan secara gratis. Tentu saja hal ini bisa membuat hemat. Nah transfer gratis dengan mudah ini dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi Flip.

Apa itu Flip?

Flip adalah sebuah aplikasi keuangan berbasis platform pembayaran yang memungkinkan transfer gratis antar bank. Selain itu juga bisa melakukan top up e-wallet tanpa biaya dan juga melakukan pengiriman uang ke luar negeri yang lebih hemat.

Flip sudah bekerja sama dengan hampir semua bank dan e-wallet di indonesia. Maka dari itu tidak perlu khawatir lagi soal biaya admin. Selain itu pengguna Flip juga bisa melakukan pembayaran tagihan listrik, pembelian token listrik, pembelian pulsa dan kuota internet dengan harga yang dijamin paling murah.

Perlu diketahui Flip tidak berada di bawah perizinan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Hal ini karena Flip adalah perusahaan yang bergerak di bidang transfer dana. Izin lisensi Flip di bawah pengawasan Bank Indonesia dengan Nomor Izin 18/196/DKSP/68. Oleh karena itu, Flip terjamin keamanannya.

Cara transfer gratis antar bank tanpa biaya admin dengan mudah menggunakan Flip

1. Download aplikasi Flip di PlayStore atau Appstore.
2. Setelah aplikasi Flip diinstal, selanjutnya buka aplikasi Flip lalu lakukan pendaftaran dengan klik "daftar" lalu isi data diri dengan lengkap.
3. Pastikan nomor hp yang kamu masukkan aktif karena kode OTP akan dikirimkan lewat SMS atau Whatsapp.
4. Perlu melakukan verifikasi identitas dengan mengunggah dokumen identitas seperti KTP atau paspor. Tenang Flip menjamin data para penggunanya.
5. Apabila proses pendaftaran dan verifikasi sudah selesai selanjutnya pilih menu "transfer".
6. Setelah itu pilih menu "rekening bank" lalu dilanjutkan kita pilih menu "+ tujuan baru".
7. Pilih bank tujuan lalu masukkan nomor rekening setelah itu klik "cek rekening" saat rekening selesai di cek pastikan nomor dan nama pemilik rekening sudah benar dan sesuai.
8. Selanjutnya masukkan nominal transfer dan isi catatan transfer apabila diperlukan. Jika sudah klik "lanjutkan".
9. Kemudian pilih metode transfer, bisa menggunakan virtual account atau bank transfer lalu klik "lanjutkan".
10. Lalu transfer ke rekening Flip bisa menggunakan ATM atau mobile banking sampai batas waktu yang sudah ditentukan. Transaksi akan dibatalkan otomatis oleh sistem dalam 1x24 jam apabila kita tidak segera melakukan transfer.
11. Selanjutnya klik "sudah transfer" dan tunggu Flip memproses transaksimu. Bukti transfer akan segera muncul pada saat Flip sudah berhasil memproses transaksi anda.

Perlu diketahui nominal terendah untuk bisa melakukan transfer gratis menggunakan Flip yaitu Rp10.000 sedangkan nominal tertinggi yaitu Rp20 juta.