Brilio.net - Perkembangan teknologi yang semakin canggih telah menunjukkan kemudahan bagi setiap orang. Saat ini hampir setiap bank memberikan fasilitas yang dapat mempermudah para nasabahnya dalam melakukan transaksi keuangan secara digital. Salah satu penawaran dalam transaksi perbankan adalah aplikasi mobile banking atau juga bank digital.

Adanya fasilitas yang dikeluarkan oleh perbankan dapat memberikan layanan kepada nasabahnya untuk melakukan berbagai transaksi seperti transfer, cek saldo, cek mutasi, maupun tarik tunai. Akan tetapi dari kecanggihan ini seringkali terdapat kesalahan atau bahkan eror, baik sistem atau transaksi penarikan tunai.

Nah, salah satu hal yang sering ditemukan ketika melakukan transaksi adalah notifikasi pesan yang tertulis keterangan reversal. Biasanya, bank akan mengirimkan notifikasi tersebut pada nomor yang terdaftar. Mungkin bagi kamu yang belum memahami lebih jauh mengenai reversal akan merasa bingung dan panik.

Lebih lanjut, berikut brilio.net telah rangkum dari berbagai sumber pada Senin (25/7), ini arti reversal, penyebab, dan cara mengatasi.

Arti reversal.

Arti reversal dalam transaksi perbankan © 2022 berbagai sumber

foto: freepik.com

Arti reversal adalah keterangan dalam transaksi yang muncul dalam notifikasi pada fasilitas perbankan, baik dari mobile banking, internet banking, maupun notifikasi SMS banking. Nah, apabila kamu mendapatkan notifikasi ini setelah transaksi tak perlu khawatir.

Sebab, notifikasi reversal akan diterima apabila terjadinya kegagalan dalam transaksi perbankan, seperti time out atau tidak dapat melakukan transfer. Notifikasi reversal ini tidak akan mengurangi saldo dalam rekening. Reversal merupakan pemberitahuan supaya kamu tahu bahwa transaksi mengalami kegagalan dan suatu waktu bisa diulang kembali.