Brilio.net - Salah satu aplikasi media sosial yang digandrungi masyarakat saat ini, yakni TikTok. Sejak pertama dirilis September 2016, pengguna dibuat penasaran olehnya. Hingga saat ini, aplikasi Tiktok telah menjadi bagian besar dalam kehidupan sehari-hari dari segala kalangan baik yang muda maupun dewasa. Meskipun identik dengan aplikasi yang kerap menampilkan video orang yang sedang berjoget ria, di TikTok juga ada video-video lain, seperti cara makeup, cara memasak, hingga info kesehatan.

Tak hanya bisa meredakan stres karena melihat konten hiburan dan informasi di dalamnya, TikTok juga bisa digunakan untuk mendapatkan uang lho! Cara menghasilkan uang dari TikTok sebenarnya cukup mudah, namun diperlukan kreativitas dan konsistensi yang cukup tinggi. Pada dasarnya, cara menghasilkan uang dari TikTok ini layaknya menghasilkan uang di platform lain, seperti YouTube, Instagram, atau sosial media lainnya.

Orang-orang yang memanfaatkan TikTok untuk mendapat uang ini biasanya dari kalangan pedagang, selebgram, dan influencer. Dengan personal branding yang kuat dan konten yang berkualitas, semakin tinggi peluang kamu mendapatkan apresiasi dari pengguna TikTok lainnya. Dengan konten yang berkualitas, maka secara bertahap kamu akan mulai dijadikan target sasaran untuk pemasaran sebuah produk.

Selain itu, kamu juga bisa menghasilkan uang dari live streaming, di mana sticker gift yang diberikan oleh para penonton bisa diubah menjadi koin rupiah TikTok. Dan banyak lagi cara lainnya. Nah, penasaran bagaimana cara lainnya untuk mendapatkan uang dari TikTok? Berikut 9 cara mendapatkan uang dari TikTok, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Selasa (14/12).

1. Buat profil yang unik.

Cara mendapatkan uang dari TikTok © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Cara menghasilkan uang dari TikTok ini merupakan kunci awal yang perlu diperhatikan. Usahakan kamu membangun profil akun yang unik dan berbeda dari profil TikTok lainnya, dan usahakan membuat tema konten di profil Anda yang unik dan mudah diterima masyarakat.

Pada beberapa kreator TikTok terkenal, kamu bisa melihat jika mereka memiliki ciri khas yang menjadi identitas. Hal ini akan dimaksudkan agar kamu lebih menonjol dari jutaan pengguna TikTok lainnya.

2. Membangun branding.

Cara mendapatkan uang dari TikTok © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Membangun branding atau merek adalah kunci agar kamu bisa dikenal dengan mudah. Branding di sini artinya adalah jatidiri kamu. Di bidang pemasaran (marketing), merek yang berkesan adalah dasar dari bisnis apa pun yang bisa menghasilkan uang.

Sebagaimana akun Instagram dan Youtube yang bisa menghasilkan uang bagi sebagian orang, buatlah akun TikTok yang memiliki target pasar yang jelas. Siapa dirimu dan siapa pengguna TikTok yang akan disasar dan berpotensi menyukai konten yang dibuat. Untuk TikTok, ini berarti kamu harus memiliki gambaran tentang jenis video apa yang akan kamu posting, dan konsisten mengunggahnya.

3. Unggah konten yang disukai banyak orang.

Cara mendapatkan uang dari TikTok © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Seperti semua platform media sosial, kamu harus membuat konten sebagus mungkin. Konten yang menarik akan mudah menjadi perhatian dan memancing orang lain untuk menjadi pengikutmu.

Konten-konten yang menarik pengguna TikTok bahkan bisa memberi pengaruh sosial sebagaimana istilah influencer di Instagram, Twitter dan Facebook. Konten kamu harus segar, menarik, unik, dan diperbarui. Artinya, banyak video baru, setiap hari yang kamu hasilkan.

4. Ikut challenge yang viral.

Cara mendapatkan uang dari TikTok © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Konten yang disukai banyak orang terkadang mengacu pada challenge yang sedang viral. Biasanya orang-orang akan terbawa arus viral, dan ketika viral maka traffic penonton biasanya akan tinggi. Hal ini bisa kamu manfaatkan untuk ikut membuat konten yang sedang viral tersebut. Tapi jangan lupa, harus tetap unik dan berbeda, ya!

5. Gunakan tagar populer

Cara mendapatkan uang dari TikTok © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Selayaknya Instagram dan Twitter atau media sosial lainnya, agar lebih mudah dicari oleh orang-orang maka kamu bisa menggunakan tanda pagar (tagar) atau hastag. Dengan menggunakan tagar yang populer, maka akan meningkatkan peluang orang-orang mampir ke akun TikTok kamu.

6. Hubungkan ke media sosial lain.

Cara mendapatkan uang dari TikTok © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Meskipun kamu berpeluang cepat viral dan terkenal di TikTok, namun endorsement di TikTok terbilang masih sedikit. Untuk menyiasatinya, kamu bisa membuat konten video di TikTok dan meng-upload ulang ke media sosial lain.

Dengan melakukan hal itu kamu bakal mudah buat terkenal di media sosial lain karena sudah memiliki banyak penggemar di TikTok. Supaya dilirik banyak brand, selalu konsisten aktif membuat berbagai macam konten menarik dan sekreatif mungkin di media sosialmu.

7. Dapatkan banyak follower.

Cara mendapatkan uang dari TikTok © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Dapatkan pengikut atau follower sebanyak mungkin. Menarik sebanyak-banyaknya follower sangat tergantung dengan kualitas konten atau faktor lain seperti mendapatkan momen bertepatan dengan viralnya video yang diunggah.

Sebagai contoh, salah satu pengguna TikTok paling populer di dunia adalah Addison Rae Easterling. Dia bisa mengumpulkan harta hingga mencapai USD 5 miliar hanya dari TikTok. Dia memiliki lebih dari 54 juta pengikut di TikTok. Perkiraan berkisar dari 10.000- 1 juta pengikut diperlukan sebelum kamu benar-benar dapat memonetisasi akunmu. Cara terbaik untuk mendapatkan pengikut adalah dengan memahami apa yang ingin dilihat pasar targetmu, dan mengunggah konten berkualitas kepada mereka beberapa kali sehari.

8. Menjadi influencer TikTok.

Cara mendapatkan uang dari TikTok © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Influencer adalah sosok yang meng-influence para pengikutnya dengan gaya pakaian, gaya hidup, atau kehidupan yang membuat orang merasa relate dengan hidupnya. Sebagaimana media sosial lain, influencer TikTok mendapatkan pekerjaan mempromosikan produk, merek, atau layanan suatu perusahaan dengan harapan bisa meningkatkan penjualan. Banyaknya follower akan turut menaikkan honor kamu setiap mempromosikan suatu produk di TikTok.

9. Konsisten.

Cara mendapatkan uang dari TikTok © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Cara menghasilkan uang dari TikTok yang terakhir tentunya menaikkan traffic dengan konsisten membuat video yang menarik. Sebisa mungkin Anda membuat jadwal unggah video TikTok. Misalnya, Anda bisa mengunggah satu video TikTok dalam satu minggu di hari Sabtu ketika orang-orang sedang libur dan aktif di sosial media.