Brilio.net - Menabung adalah salah satu cara yang dilakukan untuk membangun kekayaan. Ada beberapa cara untuk menabung, dari mulai menyisihkan uang receh lalu dimasukkan ke dalam celengan, hingga menyisihkan sebagian gaji untuk ditabung di bank. Namun, untuk bisa menabung di sebuah bank, kamu harus memiliki rekening terlebih dahulu.

Kamu bisa membuka rekening di bank mana saja, salah satunya adalah bank BCA. Jika biasanya seseorang harus datang ke kantor cabang untuk membuka rekening baru, BCA memberikan kemudahan bagi calon nasabahnya untuk membuka rekening secara online.

Kamu bisa membuka rekening baru, cukup dengan download BCA Mobile dan pilih fitur 'Buka Rekening Baru'. Hemat waktu tanpa harus membatasi aktivitas, tinggal pilih jenis tabungan yang sesuai kebutuhan. Adapun jenis tabungan yang bisa dibuat lewat online yakni Tahapan BCA, Tahapan Xpresi, dan Tahapan Gold.

Lalu, bagaimana syarat dan cara membuatnya? Berikut 9 cara membuat rekening BCA secara online, dirangkum brilio.net dari bca.co.id pada Jumat (25/2)

- Syarat membuat rekening BCA secara online.

Cara membuat rekening BCA secara online © 2022 brilio.net

foto: freepik.com

Layaknya membuka rekening baru, kamu diwajibkan memberikan beberapa dokumen sebagai data pemilik rekening. Berikut dokumen yang dibutuhkan:

1. e-KTP
2. Tanda tangan
3. NPWP (jika ada)
4. Data diri

- Cara membuat rekening BCA secara online.

Cara membuat rekening BCA secara online © 2022 brilio.net

foto: play.google.com

1. Download aplikasi BCA Mobile di Play Store ataupun AppStore, lalu install di smartphone milikmu.

2. Pilih fitur 'Buka Rekening Baru'. Untuk bisa mendaftarkan rekening atau akun BCA Mobile, siapkan syarat dokumen yang telah disebutkan di atas.

3. Pilih jenis tabungan yang sesuai dengan kebutuhanmu. Jenis tabungan yang bisa kamu pilih yakni Tahapan BCA, Tahapan Xpresi, dan Tahapan Gold.

Adapun rincian biaya setoran awal masing-masing tabungan yakni sebagai berikut:

- Rp 500.000 untuk setoran awal Tahapan BCA, dengan setoran selanjutnya sebesar Rp 50.000.

- Rp 50.000 untuk setoran awal Tahapan Xpresi, dengan setoran selanjutnya sebesar Rp 50.000.

- Tahapan Gold diperuntukkan bagi pelaku usaha atau yayasan dengan setoran awal sebesar Rp 10.000.000.

4. Setelah itu, kamu akan diminta untuk melakukan verifikasi nomor handphone. Kamu akan diminta mengirimkan SMS melalui aplikasi. Proses tersebut akan dikenakan biaya SMS.

5. Setelah melalui proses verifikasi, kamu akan diminta untuk membuat kode akses. Pastikan untuk selalu mengingat kode akses yang telah kamu buat agar tidak terblokir. Kode akses tersebut digunakan untuk masuk kembali ke menu Buka Rekening Baru dan m-BCA.

6. Unggah dokumen berupa foto kartu e-KTP, foto diri, tanda tangan, hingga NPWP. Kamu juga diminta untuk melengkapi data diri seperti tujuan membuka rekening, data nama ibu kandung, status perkawinan, agama, hingga status tempat tinggal.

7. Selanjutnya pilih kartu debit yang diinginkan. Setiap kartu memiliki kelebihan masing-masing seperti limit tarik tunai dan limit transfer antar BCA dengan biaya administrasi yang beragam. Jadi, pastikan kamu memilih kartu sesuai dengan kebutuhan.

8. Masukkan alamat email untuk keperluan internet banking dan selanjutnya diminta memilih alamat kantor cabang terdekat untuk pengambilan kartu debit.

9. Setelah itu pihak bank akan melakukan video call untuk verifikasi data. Layanan ini tersedia setiap hari mulai pukul 06.00 hingga 20.00 WIB. Jika semua data telah diverifikasi, maka rekeningmu sudah bisa digunakan.