Brilio.net - Setiap bulannya, pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) wajib membayar tagihan. Itu artinya jika berlangganan PDAM, kamu harus ingat kapan tagihan air PDAM jatuh tempo. Usahakan untuk selalu membayar tagihan PDAM dengan tepat waktu. Pasalnya, keterlambatan pembayaran tagihan akan memberikan dampak negatif.

Biasanya, seseorang telat membayar tagihan PDAM dengan alasan lupa dengan tanggal jatuh tempo pembayaran. Ada pula yang berpikir bahwa kalau sudah telat, PDAM tidak bisa dibayarkan lagi. Padahal kamu bisa membayarnya lewat berbagai cara, salah satunya lewat Shopee. Namun, jika sudah telat, kamu harus siap menerima beberapa konsekuensi sebagai berikut:

1. Tarif denda akan semakin meningkat. Jika terlambat bayar air PDAM, Sobat Shopee akan dikenakan denda. Besar denda yang diberikan tergantung dengan daerah tempat tinggalmu.

2. Semakin ditunda, tagihan pun semakin menumpuk. Hal ini tentunya memberi dampak buruk bagi anggaran keuanganmu, apalagi jika kamu harus membayar total tagihan dan denda yang sangat besar.

3. Jika kamu terlambat membayar PDAM sampai 3 bulan, PDAM akan memutus sambungan air ke rumahmu sendiri. Ini berarti rumahmu tidak akan mendapatkan pasokan air bersih hingga kamu melunasi tagihan beserta dendanya.

Nah, sebelum hal-hal buruk tersebut terjadi kamu harus mengingat-ingat jatuh tempo pembayaran. Kalau perlu, catat di kalender kamu. Untuk pembayaran tagihan yang sudah terlanjur telat, kamu bisa membayarnya melalui e-commerce Shopee.

(brl/ola)

RECOMMENDED BY EDITOR