Brilio.net - Ada banyak instrumen investasi yang bisa dipilih, ketika kamu ingin menjadi seorang investor. Namun penting pula untuk menemukan instrumen investasi yang tepat dan memberikan keuntungan, baik jangka panjang maupun jangka pendek. Salah satu pilihan investasi yang banyak dilakukan oleh orang-orang terutama para milenial adalah investasi reksadana.

Reksadana merupakan wadah untuk menghimpun dana dari investor. Dana yang terkumpul tersebut kemudian akan diinvestasikan oleh manajer investasi ke dalam beberapa instrumen investasi seperti deposito, saham, ataupun obligasi.

Keunggulan memilih investasi jenis ini adalah karena kemudahannya. Kamu bisa menginvestasikan dana, hanya dengan bermodalkan smartphone saja karena sistem investasinya bisa dilakukan secara online.

Keuntungan Investasi Reksadana

 Keuntungan investasi reksadana © 2022 brilio.net

foto: shutterstock.com

Cara mendapatkan uang dengan investasi untuk menjaga stabilitas finansial di masa depan adalah cara paling bijak saat ini. Lalu jika memilih investasi dengan reksadana apa saja keuntungannya?

1. Investasi Dengan Nominal Kecil

Keuntungan pertama jika ingin investasi dengan Reksadana adalah kamu tidak butuh banyak modal untuk berinvestasi. Cukup dengan dana mulai dari 10 Ribu saja, kamu sudah melakukan investasi lewat Reksadana. Pilihan investasi yang sangat tepat terutama bagi para pemula.

Karena nominal dana yang harus disetorkan untuk investasi sangat terjangkau, tentu siapapun pasti tertarik untuk mencoba berinvestasi. Apalagi didukung dengan kemudahan investasi karena bisa beli dan jual Reksadana secara online.

2. Imbal Hasil Yang Relatif Tinggi

Reksadana hadir dengan beberapa pilihan instrumen investasi yang bisa kamu pilih, sesuai kebutuhan dan juga budget. Dari beberapa pilihan jenis Reksadana, tentu kamu bisa menemukan return yang cukup menarik bahkan relatif tinggi. Semakin tinggi return yang didapatkan tentu saja akan semakin diminati oleh orang-orang, meskipun kamu harus mengetahui bahwa akan ada resiko yang tinggi pula di dalamnya.

Salah satu pilihan investasi Reksadana dengan imbalan hasil yang tinggi adalah Reksadana saham. Namun pilihan investasi ini memiliki tujuan jangka panjang. Jadi bisa dibilang, kamu membutuhkan waktu yang lebih banyak untuk bisa mencapai tujuan investasi.

3. Bebas Dari Pajak

Investasi dengan Reksadana, tentu saja sangat menguntungkan karena semua produk Reksadana, bukan merupakan produk yang kena pungutan pajak. Jadi ketika kamu investasi dan ingin mencairkan dana investasi kapan saja, pendapatan yang diterima bersih tanpa potongan pajak sama sekali.

Namun tetap kamu mungkin akan mendapatkan potongan dari manajer investasi sebagai biaya fee dari para investor. Sementara untuk pilihan instrumen investasi lainnya, tentu saja kamu akan dikenakan pemungutan pajak ketika pencairan dana.

4. Adanya Manajer Investasi

Perlu diketahui bahwa investasi dengan reksadana, kamu tidak akan melakukan pengelolaan investasi secara mandiri. Kamu akan dibantu dengan hadirnya Manajer Investasi. Dimana bagi kamu yang tidak punya waktu banyak, bahkan bisa dibantu untuk pengelolaan dana yang sudah disetorkan oleh para investor.

Meskipun kamu tetap harus belajar istilah dan dasar-dasar tentang investasi hingga strategi investasi Reksadana. Tetap saja cukup terbantu oleh adanya manajer investasi ini. Sudah pasti manajer investasi terdiri dari tim yang sudah paham betul tentang pengelolaan dana investasi. Dana yang kamu ke Reksadana biasanya akan dipecahkan ke beberapa instrumen yang tepat. Tujuannya adalah untuk membantu kamu mendapatkan return yang tinggi.

5. Terdaftar Di OJK

Saat ini ada banyak pilihan jenis investasi apalagi jika yang berbasis aplikasi atau secara online. Maka dari itu kamu harus cermat dalam memilih tempat investasi. Pastikan aplikasi atau platform yang dipilih, sudah terdaftar di OJK. Lalu bagaimana jika investasi ke Reksadana?

Reksadana sendiri merupakan pilihan investasi yang sudah diawasi oleh OJK. Baik Reksadana yang dibeli langsung di bank, lewat manajer investasi ataupun lewat aplikasi. Jadi bisa dipastikan bahwa pilihan investasi Reksadana dijamin aman, bahkan untuk jenis reksadana yang memiliki resiko tinggi sekalipun.

6. Fleksibel Saat Pencarian Dana

Keuntungan lainnya saat berinvestasi dengan Reksadana adalah memberikan kemudahan bagi kamu untuk yang beli dan jual Reksadana kapan saja dan dimana saja, bisa dilakukan selama 24 jam. Kamu bisa melakukan beli atau jual Reksadana sebagian ataupun seluruhnya. Pencairan Reksadana bisa dilakukan tanpa harus menunggu waktu jatuh tempo. Tidak seperti beberapa pilihan instrumen investasi, dimana jika kamu ingin mencairkan dana investasi sebelum waktu jatuh tempo akan mendapatkan denda. Ini tentu sangat tidak berlaku untuk pilihan investasi dengan reksadana.

7. Diversifikasi Investasi

Pada poin pertama disebutkan bahwa investasi dengan Reksadana adalah hal yang cukup menguntungkan karena hanya membutuhkan dana yang relatif kecil. Investasi dengan Reksadana, juga akan menciptakan diversifikasi ke berbagai jenis instrumen investasi di pasar
modal.

Dengan kenyataan ini tentu saja akan sangat menguntungkan karena bisa menyebarkan resiko lebih konservatif. Karena ketika instrumen investasi yang satu kurang menguntungkan, masih ada beberapa pilihan instrumen investasi lainnya yang dapat membuat kamu tetap mendapatkan keuntungan dan risiko benar-benar bisa diminimalisir.

Itu tadi beberapa keuntungan memilih investasi Reksadana, baik untuk para pemula maupun kamu sebagai investor profesional. Bagi yang ingin melakukan investasi dengan Reksadana, wajib memilih aplikasi atau platform yang tepat salah satunya adalah BMoney. Aplikasi investasi terbaru ini dipersembahkan dan didukung oleh Bukalapak. Melakukan investasi dengan BMoney tentu saja sangat praktis dan juga aman. Kamu tentu akan mendapatkan banyak kelebihan untuk mendapatkan uang lebih mudah, dan sudah pasti aplikasi ini terdaftar dan diawasi oleh OJK.