Brilio.net - Kegiatan mengirim uang atau sering disebut transfer kini sudah lumrah dilakukan oleh berbagai kalangan. Seiring berkembangnya teknologi, kini proses transfer uang juga bisa lebih cepat dan praktis hanya menggunakan ponsel. Hal ini pun sejalan dengan kebutuhan banyak orang yang ingin melakukan belanja atau berbagai transaksi lain secara online.

Wajar juga jika sekarang makin banyak cara transfer uang hanya lewat HP. Mulai dari membayar belanja online, membayar berbagai tagihan, hingga melakukan transfer antar bank untuk teman atau saudara bisa kamu lakukan hanya lewat genggaman. Adanya kemudahan tersebut, membuat kamu tak perlu datang ke bank untuk antre mentransfer uang.

Ada berbagai cara yang bisa kamu pilih untuk mengirim uang via ponsel. Cara melakukan transaksinya pun cukup mudah. Berikut 7 cara transfer uang lewat HP, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Selasa (29/3)

1. Transfer uang via aplikasi m-banking.

Cara transfer uang lewat HP © 2022 brilio.net

foto: freepik.com

Saat ini hampir semua bank memiliki layanan mobile banking atau biasa disebut m-banking. Layanan mobile banking dapat digunakan dengan menggunakan menu yang sudah tersedia melalui aplikasi yang dapat diunduh dan diinstal oleh nasabah. Aplikasi mobile banking bisa diunduh dengan mudah dan gratis melalui Play Store atau App Store. Namun sebelum menggunakannya, kamu harus melakukan aktivasi aplikasi m-banking tersebut lewat bank terkait.

2. Transfer uang via e-wallet.

Cara transfer uang lewat HP © 2022 brilio.net

foto: freepik.com

E-wallet atau dompet digital merupakan tempat menyimpan uang digital. Berbagai macam kemudahan dan keuntungan yang menggiurkan diberikan oleh pengembang dompet digital kepada masyarakat. Selain bisa digunakan untuk transfer uang, e-wallet juga bisa digunakan untuk transaksi lainnya, seperti belanja online, membayar tagihan, dll.

3. Transfer uang via SMS Banking.

Cara transfer uang lewat HP © 2022 brilio.net foto: freepik.com

SMS Banking adalah layanan perbankan yang dapat diakses dan dilakukan melalui jaringan SMS telefon selular kamu. SMS Banking mengandalkan jaringan provider telefon seluler sehingga dapat kamu gunakan dimana saja dan kapan saja. Lewat SMS banking ini, kamu bisa transfer hanya lewat SMS, lho.

4. Transfer uang via Internet Banking.

Cara transfer uang lewat HP © 2022 brilio.net

foto: freepik.com

Internet banking adalah layanan melakukan transaksi perbankan melalui jaringan internet. Untuk mendapat akses internet banking, kamu perlu melapor ke kantor cabang bank terdekat. Jika sudah mendapat akses, proses transfer bisa dilakukan dengan mudah. Kamu cukup login ke akun milikmu melalui laman situs layanan internet banking sesuai rekening yang kamu gunakan.

5. Transfer uang via payment link.

Cara transfer uang lewat HP © 2022 brilio.net

foto: freepik.com

Selanjutnya, kamu bisa gunakan Payment Link yang merupakan link pembayaran khusus yang bisa dibuat website dashboard atau aplikasi mobile, kemudian dibagikan kepada pelanggan lewat berbagai kanal, seperti WhatsApp, media sosial, email, SMS, dan lain sebagainya.

6. Transfer uang via aplikasi pengirim uang.

Cara transfer uang lewat HP © 2022 brilio.net

foto: flip.id

Salah satu aplikasi pengirim uang lewat HP, yakni Flip. Flip memudahkan seseorang untuk transfer uang dengan bebas biaya admin ke lebih dari 100 bank di Indonesia, termasuk bank swasta dan bank daerah (Bank Pembangunan Daerah). Gratis biaya admin inilah yang membuat masyarakat tertarik untuk menggunakan Flip sebagai media transfer uang antar bank.

7. Transfer uang via rekening bersama.

Cara transfer uang lewat HP © 2022 brilio.net

foto: freepik.com

Rekening bersama atau rekber adalah suatu metode pembayaran transaksi online yang dianggap lebih aman ketimbang transfer langsung ke rekening orang yang biasanya bertindak sebagai penjual. Nggak heran jika rekening bersama ini kerap digunakan untuk transaksi jual beli.