Brilio.net - Saat ini, nggak perlu lagi ngantre di teller bank untuk sekadar mengambil ataupun menyimpan saldo tabungan. Cukup pergi ke mesin ATM terdekat, lalu tarik atau setor tunai di mesin itu saja. Prosesnya cepat tak pakai antre. Hampir semua bank menyediakan mesin ATM di beberapa tempat agar bisa digunakan nasabahnya.

Namun perlu diketahui jika persebaran mesin ATM sebuah bank tidak selalu merata, terkadang nasabah bisa saja kesulitan saat mencari mesin ATM dari bank yang sama dengan bank penerbit kartu ATM, terutama saat sedang bepergian atau berlibur ke daerah terpencil yang didominasi bank daerah.

Jika kamu berada dalam situasi serupa, tidak perlu bingung. Kamu tetap bisa menarik uang dari mesin ATM tersebut selama di terminal ATM itu terdapat logo lembaga switching yang sama dengan logo yang ada di sisi belakang kartu ATM kamu. Hal ini karena Bank Indonesia mewajibkan seluruh bank di Indonesia untuk terkoneksi dengan 2 lembaga switching agar nasabah dapat merasakan kemudahan bertransaksi di mana saja, kapan saja. Lembaga switching inilah yang menghubungkan transaksi antar bank di seluruh jaringan perbankan, salah satunya adalah jaringan mesin ATM Bersama.

ATM Bersama merupakan sebuah jaringan mesin ATM yang menghubungkan hingga lebih dari 90 bank dan lembaga lain. Jaringan ini pula yang memungkinkan setiap nasabah dari bank yang termasuk di dalam jaringan tersebut bisa bertransaksi di sekitar 77.000 mesin ATM yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Dengan kata lain, meskipun mesin ATM tersebut bukan milik bank rekeningnya, selama ada logo ATM Bersama di kartu ATM, nasabah dari bank yang terdaftar akan tetap dapat bertransaksi di mesin ATM tersebut.

Nah, untuk kamu yang masih bingung bagaimana cara mengambil uang dari ATM Bersama, yuk simak cara tarik tunai lewat ATM Bersama, dirangkum brilio.net dari atmbersama.com pada Jumat (22/7).

(brl/ola)

RECOMMENDED BY EDITOR