Brilio.net - Seiring berkembangnya zaman, kebutuhan manusia pun semakin beragam, dari mulai primer hingga sekunder. Hal ini membuat seseorang tak hanya membeli sesuatu yang dibutuhkan, namun juga sesuatu yang diinginkan.

Terkadang barang yang diinginkan tersebut memiliki harga yang cukup mahal tapi kamu membutuhkannya. Untuk menyiasati hal tersebut, biasanya sebuah toko akan memberikan layanan untuk membayar barang berupa cicilan tiap bulan kepada customernya. Oleh karena itu, seringkali seseorang menggunakan kartu kredit untuk membeli suatu barang atau produk yang diinginkan atau dibutuhkan.

Kartu kredit merupakan kartu yang dikeluarkan bank agar pemegangnya bisa berbelanja tanpa langsung membayar dan pengeluaran belanjanya itu akan ditagih sesuai waktu yang ditentukan bersama bunga. Bunga berbunga akan diterapkan oleh pihak bank kepada nasabah pemegang kartu kredit apabila tidak membayar tagihan pada setiap tanggal yang ditentukan.

Namun, pengenaan bunga hanya untuk pembayaran tagihan minimum tiap bulan. Untuk menghindari adanya bunga berbunga, maka harus membayar tagihan sebelum jatuh tempo, dan diusahakan untuk membayar penuh ke tagihan toko tersebut agar tidak muncul bunga yang dibungakan lagi.

Nah, untuk mengantisipasi tagihan yang membengkak, kamu perlu bijak dalam menggunakan kartu kredit. Berikut 7 cara menggunakan kartu kredit dengan bijak, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Rabu (16/3). 

1. Pilih kartu kredit sesuai kebutuhan.

Cara menggunakan kartu kredit dengan bijak © 2022 brilio.net

foto: freepik.com

Masing-masing bank biasanya memiliki beberapa jenis kartu kredit yang bisa dipilih oleh nasabah. Pilihlah kartu kredit yang memang sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup.

Biasanya, hal ini bisa memaksimalkan penggunaan dari kartu kredit itu sendiri. Penyesuaian dengan kebutuhan dan gaya hidup ini bisa membuatmu dengan mudah memilih kartu kredit yang tepat.

2. Belanja sesuai rencana.

Cara menggunakan kartu kredit dengan bijak © 2022 brilio.net

foto: freepik.com

Orang yang bijak dalam mengatur keuangan, biasanya memiliki rencana pengeluaran sesuai pemasukan. Hal ini mencegah seseorang supaya belanja barang yang hanya dibutuhkan saja, sehingga tidak kalap ketika melihat barang murah di toko atau online shop.

Biasakan diri untuk berbelanja sesuai rencana. Di mana pun tempat belanjanya, rencana belanja kamu akan membantu mengendalikan pengeluaran.

3. Mengatur limit kartu kredit.

Cara menggunakan kartu kredit dengan bijak © 2022 brilio.net

foto: freepik.com

Selanjutnya dengan mengatur limit dari kartu kredit. Perlu diketahui bahwa setiap kartu kredit bisa diatur limitnya oleh pengguna sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan bayar.

Misalnya, jika kamu memiliki 2 buah kartu kredit, maka satu kartu bisa diatur dengan limit yang kecil, satunya lagi dengan limit besar. Nantinya, kartu yang memiliki limit besar ini bisa digunakan untuk keadaan darurat dan membutuhkan biaya besar. Gunakan kartu kredit yang kamu punya sesuai rencana belanja.

4. Hindari menarik uang tunai melalui kartu kredit.

Cara menggunakan kartu kredit dengan bijak © 2022 brilio.net

foto: freepik.com

Salah satu kemudahan kartu kredit adalah bisa digunakan untuk menarik uang tunai dari ATM. Meskipun demikian, kuatkan diri untuk tidak menggunakan kemudahan tersebut.

Dibalik kemudahan Tarik tunai dengan kartu kredit ada bunga besar tiap bulannya. Jika tagihan tidak dibayar tepat waktu, maka bunga akan terus berkembang.

5. Periksa tagihan bulanan dengan teliti.

Cara menggunakan kartu kredit dengan bijak © 2022 brilio.net

foto: freepik.com

Begitu tagihan kartu kredit diterima melalui email atau surat, pastikan kamu melakukan pengecekan terlebih dahulu. Cek seluruh transaksi dalam sebulan, jangan sampai ada transaksi yang tidak kamu lakukan namun tertera dalam tagihan.

Setelah memastikan tidak ada tagihan mencurigakan dalam transaksi kartu kredit, catat tanggal-tanggal penting yang tertera. Tanggal penting ini biasanya adalah tanggal jatuh tempo tagihan.

6. Membayar utang kartu kredit tepat waktu.

Cara menggunakan kartu kredit dengan bijak © 2022 brilio.net

foto: freepik.com

Cara bijak menggunakan kartu kredit selanjutnya yakni dengan membayar utang kartu kredit tepat pada waktunya setiap bulan. Hal ini dilakukan agar bunga tidak membengkak dan kamu harus melakukan pembayaran yang lebih besar. Agar bisa membayar utang tepat pada waktunya, maka kamu perlu berbelanja sesuai dengan kebutuhan saja.

7. Tutup atau non aktifkan kartu kredit yang jarang digunakan.

Cara menggunakan kartu kredit dengan bijak © 2022 brilio.net

foto: freepik.com

Terakhir, jangan sampai kamu terjebak dengan segala kemudahan kartu kredit. Jika terlanjur memiliki lebih dari satu kartu kredit, segera tutup salah satu yang tidak dibutuhkan. Tapi sebelum itu, pastikan dulu seluruh tagihan sudah dibayar ya!