Brilio.net - Saat ini, kamu dapat menghasilkan uang tanpa harus bekerja di kantor sekalipun. Dengan menggunakan skill, kamu bisa membuat sendiri pekerjaanmu di rumah. Salah satunya yakni dengan menjadi penulis.

Menulis bisa jadi media yang tepat untuk kamu mendapatkan pundi-pundi uang. Sebab kamu bisa memamerkan tulisanmu ke orang lain.

Bagi sebagian orang yang memiliki skill ini, mungkin masih kebingungan untuk menyalurkan keahliannya dan beranggapan bahwa menjadi penulis adalah hal yang susah. Padahal saat ini ada aplikasi yang bisa digunakan untuk menyalurkan hobi dan keahlian tersebut.

Lewat beberapa aplikasi ini, kamu bisa menuliskan sebuah karya berbentuk cerpen, novel, dan lain sebagainya. Nggak hanya bisa memamerkan karya, jika tulisanmu banyak dibaca oleh orang, kamu juga bisa mendapatkan uang dari aplikasi-aplikasi ini.

Penasaran apa saja aplikasi menulis yang bisa menghasilkan uang? Berikut 7 aplikasi menulis penghasil uang, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Jumat (18/2)

1. Wattpad.

Aplikasi menulis penghasil uang © 2022 brilio.net

foto: Twitter/@wattpad

Wattpad telah menjadi platform yang memungkinkan para penggunanya untuk membaca atau mengirim karya tulisan mereka dalam bentuk artikel, cerita pendek, novel, puisi dan lainnya. Ribuan judul cerita Wattpad dari mulai kisah senang hingga sedih terpublikasi di platform tersebut dan laris dibaca.

Tak jarang, cerita-cerita yang ada di Wattpad dilirik oleh para sineas untuk diangkat ke dalam sebuah film dan menghasilkan untung bagi sang penulis cerita. Nah, dari sinilah kamu bisa mendapatkan uang dari Wattpad.

2. Joylada.

Aplikasi menulis penghasil uang © 2022 brilio.net

foto: play.google.com

Untuk memperoleh uang dari Joylada, kamu tinggal mendownload aplikasi di Play Store maupun App Store. Setelah berhasil terdownload, buatlah akun. Ikuti semua petunjuk pembuatan akun, isi semua data yang diperlukan, dan kamu sudah bisa membaca novel ataupun membuat cerita di aplikasi tersebut dan mendapatkan uang.

3. NovelMe.

Aplikasi menulis penghasil uang © 2022 brilio.net

foto: author.novelme.com

Selanjutnya ada aplikasi NovelMe. Di awal peluncuran, aplikasi NovelMe ini gratis, namun sejak Juli 2019 pihak NovelMe mulai mengunci novel-novel favorit.

Pembaca perlu membeli koin supaya bisa membaca bab novel yang berbayar. Selain itu, NovelMe juga memberikan bayaran untuk penulis yang mengunggah karyanya lewat aplikasi tersebut.

4. Noveltoon.

Aplikasi menulis penghasil uang © 2022 brilio.net

foto: Facebook/Noveltoon

Untuk mendapatkan uang dari Noveltoon, kamu bisa mendapatkan bonus poin serta bingkai avatar. Poin di aplikasi Noveltoon ini digunakan untuk membuka cerita-cerita premium.

Selain memberikan hadiah untuk pembaca, Noveltoon juga memberikan uang untuk penulis. Penulis akan memperoleh pendapatan minimum jika telah mencapai level 8-10 dan karya tersebut merupakan karya ongoing atau belum tamat.

5. Goodnovel.

Aplikasi menulis penghasil uang © 2022 brilio.net

foto: Facebook/Goodnovel

Di GoodNovel, penulis novel baru diminta menyetor minimal 5.000 kata saat mengajukan kontrak. Kira-kira sejumlah 6 sampai 12 bab, tergantung per bab sepanjang berapa kata. Novel baru ini akan diperiksa terlebih dahulu oleh editor in house.

Editor GoodNovel bakal secara berkala memantau novel baru tersebut dan mengintip bab-bab selanjutnya jika penulis sudah dikontrak oleh Goodnovel. Bahkan editor akan membuat grup di-WhatsAap yang menampung para penulis lain untuk saling berkomunikasi dan berbagi.

6. Dreame.

Aplikasi menulis penghasil uang © 2022 brilio.net

foto: play.google.com

Untuk mendapatkan uang dari Dreame, kamu bisa mengumpulkan koin dengan cara menulis cerita dan dikirim ke Dreame. Namun, ada beberapa syarat yang harus kamu perhatikan akan cerita karyamu bisa menghasilkan uang, seperti syarat berikut ini:

- Mempunyai viewers Wattpad minimal 100K. Untuk memudahkan kamu supaya bisa langsung tanda tangan kontrak dengan pihak Dreame.

- Seleksi naskah jika kamu tidak mempunyai viewers. Proses ini biasanya akan berlangsung sekitar 1 sampai 2 bulan.

- Mengumpulkan Love atau Like. Di Dreame akan ada tombol love. Jadi, kamu harus mengumpulkan orang-orang untuk membaca ceritamu. Dengan banyaknya pembaca yang menyukai cerita kamu ataupun memasukkannya ke dalam library yang akan dibaca, maka kamu juga mempunyai kesempatan untuk mendapatkan koin.

7. Storial.

Aplikasi menulis penghasil uang © 2022 brilio.net

foto: storial.co

Dari aplikasi Storial, kamu bisa mendapat royalti dengan minimal 500 pembaca. Untuk mengirim tulisan yang akan dipublikasikan, kamu tinggal mendaftar dan mengikuti petunjuk yang ada.

Untuk mendapatkan uang, terdapat fitur seperti Storial Premium Chapter atau monetisasi dan Storial Wallet atau dompet digital. Dengan Storial Wallet, pembaca dapat mengatur uang digital (Storial Coin) yang digunakan untuk membaca tulisan berbayar. Koin inilah yang nantinya akan menjadi royalti untuk kamu sebagai penulis.