Brilio.net - Munculnya e-wallet memudahkan manusia untuk melakukan transaksi hanya dengan ponsel. Dilansir dari liputan6.com, berdasarkan data yang diberikan oleh Bank Indonesia (BI), terdapat 38 e-wallet yang telah mendapatkan lisensi resmi. Seiring dengan menjamurnya uang elektronik, transaksi e-wallet di Indonesia mencapai USD 1,5 miliar setara dengan Rp 21 triliun (1 USD = 14.222) Kemungkinan akan terus meningkat menjadi Rp 355 triliun pada 2023.

Berbagai macam kemudahan dan keuntungan yang menggiurkan diberikan oleh pengembang dompet digital kepada masyarakat. Dengan adanya e-wallet ini, seseorang bisa menyimpan uang elektronik secara aman dan praktis. E-wallet juga memudahkan seseorang untuk melakukan berbagai transaksi seperti membayar belanja online, membeli kuota internet dan lain sebagainya.

Untuk bisa mengunakan e-wallet, kamu harus menginstal aplikasinya terlebih dahulu, lalu membuat akun dan melakukan top up agar e-wallet memiliki saldo untuk transaksi. Berikut 7 aplikasi e-wallet, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Senin (4/4)

1. DANA.

Aneka aplikasi e-wallet © 2022 brilio.net

foto: dana.id

DANA merupakan aplikasi dompet digital yang banyak memiliki fitur menarik. Selain bisa transaksi lebih bersih karena bayar tinggal scan saja dan juga menyimpan banyak kartu bank baik debit maupun kredit, DANA juga bisa punya fitur 'Kirim Uang' atau 'Send Money' yang memberikan kamu gratis transfer uang antarbank.

Kamu bisa mendapatkan fasilitas free transfer antarbank sebanyak 10 kali dengan nominal transfer Rp 50.000, setelah itu kamu akan dikenakan biaya yang lebih murah yakni sebesar Rp 4.500 per transaksi.

2. GoPay.

Aneka aplikasi e-wallet © 2022 brilio.net

foto: gojek.com

GoPay merupakan uang elektronik yang bisa kamu pakai untuk melakukan transaksi pembayaran dan keuangan melalui aplikasi Gojek. Kamu bisa menggunakan GoPay untuk melakukan pembayaran pada layanan di aplikasi Gojek, PayLater untuk pelanggan terpilih, dan transaksi keuangan lainnya seperti transfer saldo GoPay ke sesama pengguna dan ke bank bagi kamu yang sudah melakukan upgrade ke GoPay Plus.