Brilio.net - Hemat pangkal kaya, kamu pasti sudah tak asing dengan pepatah tersebut. Ya, mempraktikkan gaya hidup hemat penting untuk diterapkan semenjak dini agar masa depanmu lebih terjamin. Dengan begitu, kamu diajar untuk lebih memperhatikan lagi prioritas pengeluaranmu.

Kehidupan kita di masa depan yang menjadi rahasia Tuhan alias belum kita ketahui akan seperti apa, termasuk seperti apa kondisi keuangan kita, merupakan faktor penting mengapa kita harus hidup berhemat.

Namun beberapa orang seringkali memberi barang-barang yang mereka inginkan sebagai self reward, saking seringnya tak terasa uang pun semakin menipis padahal tanggal gajian masih lama. Kalau sudah begitu, ujungnya pasti panik karena nggak punya duit untuk hidup sehari-hari.

Untuk mencegah hal tersebut terjadi, maka kamu harus pandai berhemat dengan cara mengatur keuangan. Jika terasa susah, kamu mungkin perlu mengetahui cara menghemat uang dengan benar. Berikut cara menghemat uang, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Selasa (2/8)

1. Sisihkan uang untuk menabung di awal bulan.

Cara menghemat uang © 2022 brilio.net

foto: pixabay.com

Hindari kebiasaan menabung diakhir bulan dari sisa gaji setelah dipotong untuk kebutuhan sehari-hari. Jika kamu tetap dengan kebiasaanmu menabung di akhir bulan, maka sangat sulit untuk kamu menabung. Agar tidak tergoda untuk mengambil tabungan maupun dana darurat, simpanlah uang di rekening yang terpisah dari rekening utamamu. Kalau bisa, manfaatkan rekening bank yang tidak memiliki ATM dan bebas biaya administrasi bulanan.