Brilio.net - Membaca komik adalah salah satu hobi atau kegiatan yang bisa dilakukan di waktu luang. Komik sendiri merupakan salah satu bacaan populer di banyak negara di dunia termasuk Indonesia. Mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa menyukai jenis bacaan ini.

Saking populernya komik di tengah masyarakat, tak heran jika kemudian puluhan ribu bahkan jutaan judul komik telah diterbitkan. Salah satu komik yang sering dibaca masyarakat Indonesia adalah komik dari Jepang.

Akan tetapi belakangan ini komik daring alias Webtoon telah menyita perhatian banyak orang. Pada awalnya Webtoon dibuat di Korea Selatan oleh sebuah portal web media Daum Communication Corp yang kemudian diikuti oleh Naver dan Nate.

Jika kartun dari Jepang identik disajikan dengan latar hitam putih, berbeda dengan Webtoon dengan berbagai warna yang membuat orang semakin tertarik untuk membacanya. Jika sebelumnya yang membuat komik Webtoon hanyalah orang Korea Selatan saja, berbeda dengan sekarang siapapun dapat membuatnya termasuk kamu.

Selain digunakan sebagai media membaca komik, Webtoon juga bisa digunakan untuk mencari uang. Berikut 5 cara mendapatkan uang dari Webtoon, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (6/1).

1. Terbitkan karya.

Cara mendapatkan uang dari Webtoon © 2022 brilio.net

foto: freepik.com

Kalau kamu punya karya komik sendiri, coba deh terbitkan di platform komik online di Webtoon. Jika karya kamu bisa terbit di official platform mereka, tentu akan mendapatkan bayaran.

Bagaimana cara menerbitkan komik di webtoon? Tiap platform tentu punya kebijakan masing-masing. Kamu pelajari syarat dan ketentuannya, sebelum mengirim ya. Bisa juga dengan membaca karya-karya yang sudah terbit di sana sebagai referensi.

Contohnya, komik Singbahurekso dari Papillon studio yang terbit official di Line Webtoon. Untuk mengunggah karya ke Webtoon, ada beberapa cara yang perlu dilakukan yakni sebagai berikut:

- Buka situs LINE Webtoon dari PC : webtoons.com

- Lalu login LINE dengan menggunakan alamat email.

- Apabila sudah berhasil masuk, kamu bisa mengedit profil dan pengaturan sesuai petunjuk. Bila sukses, maka artinya Kamu telah memiliki akun Webtoon.

- Langkah selanjutnya, untuk upload komik adalah klik tulisan "terbitkan" di bagian pojok kanan atas sebelah nama akun kamu.

- Isikan judul, deskripsi dan genre komik sesuai isi cerita. Usahakan menarik.

- Kemudian isi gambar cover sesuai ketentuan (yakni ukuran harus 436px X 436px). Selanjutnya pastikan ukuran komik 700px X 1000px.

- Jika sudah sesuai ketentuan, kamu bisa mengupload komik kamu per episode.

- Cek kembali data-data isian. Apabila telah terisi semua dengan benar, maka klik tulisan "terbitkan".

2. Ikut Rising Star di Webtoon.

Cara mendapatkan uang dari Webtoon © 2022 brilio.net

foto: webtoons.com

Untuk mendapat uang dari Webtoon, kamu bisa mengikutu ajang Rising Star. Rising Star merupakan program dari LINE Webtoon yang memberikan hadiah Rp 5 juta kepada para kreator terbaik. Dengan tujuan agar mereka semangat terus berkarya membuat komik di Webtoon.

3. Ikuti Webtoon Challenge.

Cara mendapatkan uang dari Webtoon © 2022 brilio.net

foto: freepik.com

Webtoon Challenge adalah layanan yang memungkinkan semua orang mengunggah dan menerbitkan komik mereka secara online untuk muncul di aplikasi dan situs LINE Webtoon (www.webtoons.com), agar dapat dinikmati para pembaca LINE Webtoon di seluruh dunia.

Nah, jika kamu sudah menerbitkan karya di Webtoon Challenge, kamu bisa berkesempatan untuk ikut ajang Rising Star.

4. Konsisten mengunggah karya.

Cara mendapatkan uang dari Webtoon © 2022 brilio.net

foto: freepik.com

Agar karya yang kamu unggah dapat menghasilkan uang, kamu perlu konsisten untyk mengunggah karya. Misalnya, update komik harus lebih dari 3 kali selama 3 bulan terakhir.

Dengan konsisten mengunggah karya, kamu juga berpeluang untuk mendapatkan jumlah view atau orang yang membaca komikmu.

5. Kumpulkan koin Webtoon

Cara mendapatkan uang dari Webtoon © 2022 brilio.net

foto: freepik.com

Fitur baca dengan koin ini sebenarnya sangat membantu author dalam mengembangkan karya. Disamping itu, ini juga merupakan bentuk apresiasi Webtoon untuk para author yang ikut serta menambah koleksi komik.

Bagi yang belum tahu, saat ini harga koin di Webtoon sekitar Rp 150 per 1 koin. Namun, kamu hanya bisa membeli borongan dengan rincian 33 koin Rp 5.000, 100 koin Rp 15.000, hingga Rp 149.000 untuk 1.000 koin + bonus 300 koin.

Nah, untuk mendapatkan koin gratis ada beberapa cara yang bisa kamu coba yakni dengan login dan membaca komik pilihan, main Hago, menyelesaikan misi di PoinWeb atau memasukkan kode promo Webtoon.

*

INFOGRAFIK CARA MENDAPATKAN UANG DARI WEBTOON © 2022 brilio.net

INFOGRAFIK CARA MENDAPATKAN UANG DARI WEBTOON-© 2022 brilio.net/Amellia Syaloom

(brl/pep)

RECOMMENDED BY EDITOR

(brl/pep)