Brilio.net - Seiring perkembangan teknologi, cara transfer uang kini semakin mudah. Beragam cara bisa kamu pilih untuk mengirim uang, dari mulai lewat ATM, Internet Banking, m-banking, hingga aplikasi transfer uang yang menawarkan biaya admin lebih murah, bahkan gratis.

Meski begitu, masih banyak orang yang memilih melakukan transfer atau mengirim uang antarbank melalui ATM. Hal ini dikarenakan tidak semua orang memiliki akses layanan pada m-banking ataupun internet banking.

Transfer uang antarbank lewat ATM biasanya akan membebankan pengguna pada biaya admin. Biaya admin tersebut biasanya dikenakan mulai dari Rp 2.500 hingga Rp 6.500, tergantung kebijakan masing-masing bank.

Selain itu melakukan transfer antarbank melalui ATM kamu juga harus mengetahui kode bank yang akan kamu kirimi uang. Berikut cara kirim uang antar bank lewat ATM, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Selasa (12/7)

1. Cara kirim uang antar bank lewat ATM BRI.

kirim uang antarbank lewat ATM © 2022 brilio.net

foto: YouTube/BANK BRI

- Masukkan kartu ATM ke dalam mesin.

- Pilih bahasa yang ingin kamu gunakan.

- Masukkan pin.

- Pilih transfer pada menu. Setelah selesai menuliskan nomor pin atau kata sandi, tunggu beberapa saat hingga muncul pilihan menu di layar mesin ATM. Setelah menu muncul, kamu hanya perlu untuk meng-klik pilihan transfer.

- Setelah itu, pada layar mesin ATM akan menampilkan pilihan tujuan transfer yang kamu inginkan. Kamu bisa meng-klik pada pilihan tujuan transfer BRI. Kemudian masukkan nomor rekening bank yang dituju dengan benar.

- Masukkan nominal uang yang akan di transfer. Setelah itu pilih "Benar".

- Tunggu beberapa saat hingga mesin ATM menampilkan konfirmasi pembayaran atas nama si penerima dan juga nominal uang yang akan ditransfer. Jika seluruh informasi telah benar, kamu bisa melanjutkan proses transaksi dengan memilih "Ya" pada layar. Dan transfer pun selesai.

2. Cara kirim uang antar bank lewat ATM BNI.

kirim uang antarbank lewat ATM © 2022 brilio.net

foto: bni.co.id

- Masukkan kartu ATM BNI ke mesin.

- Pilih bahasa Indonesia. Lalu klik menu lainnya dan menu transfer.

-Pilih dari rekening tabungan lalu pilih dari rekening tabungan.

- Pilih ke rekening bank lain. Masukkan kode bank tujuan transfer dan diikuti dengan nomor rekening tujuan.

- Setelah itu, masukkan nominal transfer. Lalu tekan "Ya". Tunggu hingga struk atau bukti transaksi transfer keluar.