Brilio.net - Saat ini pemerintah telah memberikan jaminan hari tua terhadap setiap karyawan yang bekerja pada perusahaan. Jaminan tersebut direalisasikan melalui program perlindungan sosial ekonomi untuk para pekerja yang disebut sebagai BPJS Ketenagakerjaan.

Program ini memberikan perlindungan mendasar bagi para pekerja jika mengalami risiko-risiko sosial ekonomi. Dimana dalam pembiayaannya terjangkau untuk pengusaha dan tenaga kerja.

Risiko sosial ekonomi yang ditanggulangi oleh BPJS Ketenagakerjaan meliputi jaminan hari tua, pensiun, kecelakaan dan kematian. Bagi perserta BPJS Ketenagakerjaan, harus melakukan pembayaran iuran setiap bulannya yang biasanya ditanggung oleh perusahaan dan dipotong dari upah yang diterima.

Iuran ini nantinya akan terkumpul pada masing-masing akun peserta dalam bentuk saldo. Layaknya sebuah tabungan, saldo BPJS Ketenagakerjaan ini akan bertambah setiap bulannya dan bisa dicek oleh peserta.

Ada beberapa cara mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan. Untuk memudahkan peserta, kamu bisa cek saldo secara online lewat website ataupun aplikasi. Dengan cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan terbaru ini, kamu nggak perlu datang langsung ke kantor layanan BPJS.

Berikut 5 cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Rabu (8/6)